Halo! Tak terasa kita telah tiba di hari terakhir bulan Februari.

Hari ini, 29 Februari, juga adalah hari yang istimewa karena hanya ada setiap empat tahun sekali!

BACA JUGA: Terungkap, Korea Utara Dukung Donald Trump di Pilpres AS 2024

Dan untuk merayakannya, kami sudah merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Berita yang pertama datang dari Korea Utara.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Jokowi Resmi Berikan Pangkat Jenderal Kehormatan untuk Prabowo

Korea Utara masih memegang kendali satelitnya

Satelit mata-mata pertama Korea Utara masih beroperasi, ujar Marco Langbroek, pakar satelit di Delf University of Technology di Belanda.

Hal ini diketahui setelah mendeteksi adanya perubahan dalam orbitnya yang menunjukkan Korea Utara berhasil mengendalikan pesawat ruang angkasa tersebut, meski kemampuannya masih belum diketahui.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Pilot Australia yang Diculik di Papua Nugini Sudah Dibebaskan

"Manuver tersebut membuktikan kalau Malligyong-1 tidak mati dan Korea Utara memiliki kendali atas satelit tersebut, yang sebelumnya diperdebatkan," katanya.

Media milik pemerintah Korea Utara mengklaim sudah memotret situs militer dan gedung-gedung pemerintahan di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan negara lain, namun belum merilis foto apa pun.'Putin membunuh suami saya'

Yulia Navalnaya, istri mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, mengatakan "Putin membunuh saya" di hadapan anggota parlemen Eropa di Strasbourg.

Dia juga mengatakan jenazah suaminya sudah dianiaya, serta tidak yakin jika pemakamannya pada Jumat besok akan berlangsung damai.

"Putin adalah pemimpin geng kriminal terorganisir. Ini termasuk pemberi racun dan pembunuh, tapi ia hanyalah boneka. Yang paling penting adalah orang-orang yang dekat dengan Putin, teman-temannya, rekannya, dan penjaga uang mafia," katanya.

Pemerintah Rusia membantah keterlibatan negara dalam kematian Alexei, serta mengatakan tidak tahu soal perjanjian untuk membebaskannya sebelum ia meninggal. 

Para pendukung Alexei mengatakan dalam sertifikat kematiannya ia disebutkan meninggal secara alamiah.Menko Polhukam upayakan pembebasan pilot Susi Air

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengaku telah berbicara dengan dua orang tokoh dari Nduga, sebuah kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan.

Pembicaraan tersebut dilakukan sebagai upaya pembebasan pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok bersenjata lebih dari setahun terakhir.

Ia tidak menjelaskan secara detil tentang pertemuan tersebut, tapi berharap forum tersebut bisa membawa titik terang nasib pilot Susi Air.

"Mudah-mudahan kita doakan dengan upaya kita, itu sudah bebas, tidak ada permasalahan," ucap mantan Panglima TNI ini.Studio animasi Walt Disney menggandeng Afrika

Ini adalah kali pertama dalam Sejarah Walt Disney Animation Studios bermitra dengan perusahaan luar.

Dan mereka telah pergi ke Afrika untuk berkolaborasi, yang menghasilkan film animasi ‘Iwájú’ di Lagos, Nigeria.

Kata Iwájú adalah bagian dari frasa dalam bahasa Yoruba yang pada dasarnya berarti masa depan, dan masa depan yang dibayangkan ini melibatkan kota futuristik dan mobil terbang yang mampu mendahului lalu lintas.

"Disney Animation belum pernah berkolaborasi seperti ini dengan perusahaan luar selama seratus tahun pembuatan filmnya. Jadi ini benar-benar terobosan," kata Clark Spencer, presiden Walt Disney Animation Studios.

Sementara itu desainer produksi Hamid Ibrahim mengatakan masih banyak cerita yang bisa diceritakan dari Afrika, sebagai benua yang luas.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Seorang Pria Membakar Diri di Depan Kedutaan Israel di Amerika

Berita Terkait