Selamat membaca kembali Dunia Hari Ini edisi Selasa, 27 Februari 2024, yang berisi sejumlah laporan pilihan yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Berita utama kami hadirkan dari Papua Nugini.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Seorang Pria Membakar Diri di Depan Kedutaan Israel di Amerika

Pilot Australia dibebaskan penculik di Papua Nugini

Seorang pilot Australia telah dibebaskan setelah diculik "dan ditodong senjata" di dataran tinggi Papua Nugini Senin sore.

Dalam sebuah pernyataan, Komisaris Polisi PNG David Manning mengatakan pilot dan dua teknisi Papua Nugini berada di Gunung Sisa untuk beristirahat, namun mereka disandera di sebuah lokasi yang susah sinyal.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Rumah Sakit Korea Selatan Siaga Akibat Dokter Mogok Kerja

"Karena pengerahan cepat elemen pasukan keamanan, pilot helikopter Hevilift Australia dan dua subkontraktor Papua Nugini telah dibebaskan tanpa cedera," kata Komisaris David.

David mengatakan pasukan keamanan dalam jumlah besar telah dimobilisasi dan dikerahkan di daerah tersebut sepanjang sore untuk mencari ketiganya.

BACA JUGA: Dugaan Kecurangan Pemilu Mewarnai Penghitungan Suara, Bisakah Hasilnya Dianulir?

Menurutnya, kelompok yang menculik ketiga pekerja tersebut "bertindak demi tuntutan kompensasi" dan sedang dicari untuk diadili.Perdana Menteri Palestina mengundurkan diri

Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh mengumumkan pengunduran diri, sebuah langkah yang dapat membuka pintu reformasi yang didukung Amerika di Otoritas Palestina.

Pengunduran diri ini masih menunggu persetujuan Presiden Mahmoud Abbas.

Amerika menginginkan Otoritas Palestina direformasi untuk memerintah Gaza setelah perang selesai.

Namun masih banyak kendala yang dihadapi untuk mewujudkan visi tersebut.

"Tahap selanjutnya dan tantangan yang muncul memerlukan pemerintahan dan politik baru yang mempertimbangkan kenyataan baru di Jalur Gaza," kata Shtayyeh dalam rapat kabinet.Tentara Amerika yang membakar diri tewas

Seorang anggota militer Amerika yang membakar dirinya di luar Kedutaan Besar Israel di Washington sebagai bentuk protes terhadap perang di Gaza dilaporkan meninggal dunia.

Petugas Lee Lepe, juru bicara Departemen Kepolisian Metropolitan, membenarkan kematian pilot Amerika berusia 25 tahun tersebut.

Pentagon mengatakan kematian tersebut adalah "peristiwa tragis."

Pilot Amerika tersebut dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis pada hari Minggu setelah petugas Dinas Rahasia Amerika memadamkan api pada tubuhnya.

Pria yang mengenakan seragam militer itu menyiarkan kejadian tersebut secara langsung melalui internet dan mengatakan "Free Palestine" atau "Bebaskan Palestina."Muncul penghalang di perairan sengketa Tiongkok dan Filipina

Citra satelit dari Scarborough Shoal yang disengketakan di Laut Tiongkok Selatan menunjukkan adanya penghalang terapung baru di pintu masuknya, dekat titik kapal Filipina dan kapal penjaga pantai Tiongkok sering bertabrakan.

Gambar yang diambil oleh Maxar Technologies pada tanggal 22 Februari menunjukkan penghalang di muara perairan dangkal tersebut, tempat penjaga pantai Tiongkok pekan lalu mengklaim telah mengusir kapal Filipina yang dianggap "menyusup secara ilegal" ke perairan Beijing.

Filipina, yang pekan lalu mengerahkan kapal Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan (BFAR) untuk berpatroli di perairan dangkal dan mengangkut bahan bakar ke nelayan Filipina di wilayah tersebut, mengatakan bahwa klaim Tiongkok "tidak akurat" dan aktivitas Manila di sana sah.

Tiongkok mengklaim Scarborough Shoal, meskipun wilayah tersebut berada di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina sepanjang 200 mil laut.

Pengadilan arbitrase internasional di Den Haag mengatakan pada tahun 2016 bahwa klaim Tiongkok tidak memiliki dasar hukum – sebuah keputusan yang ditolak oleh Beijing.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Polisi Terus Selidiki Kasus Perundungan di Sekolah Internasional Tangerang

Berita Terkait