Dunia Hari Ini kembali dengan rangkuman berita-berita dari berbagai penjuru dunia selama 24 jam terakhir.

Berita utama kami hadirkan dari Iran.

BACA JUGA: Tanggapan Warga Diaspora Indonesia dan Pelaku Jastip Tentang Aturan Barang Bawaan Impor

Laoran Israel menyerang konsulat Iran

Seorang komandan senior Iran tewas akibat dugaan serangan udara Israel yang dlakukan di konsulat Iran di Damaskus, ibu kota Suriah.

Media pemerintah Iran mengatakan Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC), terbunuh dan pemerintah Iran yakin ia adalah sasaran serangan Israel.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: TPN Prabowo-Gibran Yakin Gugatan Anies-Ganjar di MK Akan Kalah

Duta Besar Iran Hossein Akbari mengecam Israel dan mengatakan sebanyak tujuh orang tewas, namun tim pertolongan pertama masih mencari mayat lain di bawah reruntuhan.

Ia mengatakan dua petugas polisi yang menjaga gedung itu terluka dan Teheran akan menanggapinya dengan "keras".

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Jutaan Warga India Merayakan Festival Holi

Pembatasan visa Amerika bagi pejabat Hong Kong

Amerika Serikat akan memberlakukan pembatasan visa baru terhadap sejumlah pejabat Hong Kong sehubungan dengan tindakan keras terhadap hak dan kebebasan di wilayah yang dikuasai Tiongkok tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan dalam setahun terakhir Tiongkok terus mengambil tindakan terhadap lembaga demokrasi, serta hak dan kebebasan Hong Kong.

Termasuk dengan diberlakukannya undang-undang keamanan nasional baru yang dikenal sebagai Pasal 23.

"Menanggapi ini, Departemen Luar Negeri mengambil langkah untuk memberlakukan pembatasan visa baru terhadap beberapa pejabat Hong Kong yang bertanggung jawab atas semakin intensifnya tindakan keras terhadap hak dan kebebasan," bunyi pernyataan Anthony.

Pernyataan tersebut tidak mengidentifikasi pejabat yang akan menjadi sasaran.Banjir bandang di Jawa Timur

Bencana banjir bandang menerjang puluhan rumah warga di Dusun Kebonduren, Kabupaten Madiun, Jawa Timur kemarin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Boby Saktia Putra Lubis  mengatakan ada sekitar 53 rumah yang terdampak bencana alam tersebut.

Bersama tim BPBD, pihaknya terus melakukan pemantauan, pendataan sementara pada Senin air sudah surut.

Boby mengatakan bencana banjir bandang tersebut merupakan air kiriman dari sungai di wilayah Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, setelah hujan deras selama beberapa jam mengguyur kawasan Pilangkenceng yang berbatasan dengan Bojonegoro.'Sel teroris' Rusia dibubarkan

Badan keamanan tinggi Rusia mengatakan mereka membubarkan apa yang disebutnya "sel teroris" di Rusia selatan.

Diduga anggotanya memberikan senjata dan uang tunai kepada pihak yang melancarkan serangan mematikan di gedung konser Moskow.

Dinas Keamanan Federal, atau FSB menahan empat tersangka anggota sel di provinsi Dagestan, Rusia, di Kaukasus Utara kemarin.

Badan tersebut menuduh para tersangka yang ditahan di Dagestan terlibat dalam penyaluran dana dan penyediaan senjata kepada pihak yang menyerang gedung konser di pinggiran barat Moskow pada 22 Maret hingga menewaskan 144 orang.

“Para militan yang ditahan secara langsung berpartisipasi dalam pendanaan para pelaku serangan teror 22 Maret di Balai Kota Crocus di Moskow dan menyediakan sarana teror bagi mereka,” bunyi pernyataan FSB.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beredar Surat Peringatan untuk Warga di Wilayah Pembangunan IKN, Bikin Kaget

Berita Terkait