Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin 15 Juli 2024.

Kami sudah merangkum sejumlah berita pilihan dari berbagai penjuru dunia yang terjadi dalam 24 jam terakhir. 

BACA JUGA: Kemlu Rusia Sebut Pembunuhan Presiden Tradisi Amerika Serikat

Kita awali dari perkembangan upaya pembunuhan Donald Trump saat sedang berkampanye di Pennsylvania.Tersangka pelaku tewas terbunuh

FBI mengumumkan Thomas Matthew Crook, yang usia 20 tahun dari Pennsylvania, menjadi tersangka yang berupaya membunuh Donald Trump, minggu kemarin.

BACA JUGA: FBI: Senjata untuk Menembak Donald Trump Bukan Ilegal

Thomas tewas ditembak oleh agen Secret Service di tempat kejadian. 

Donald Trump sudah pulih dari sejumlah luka yang dialaminya dan mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya dalam unggahan di X.

BACA JUGA: Donald Trump Ditembak, Presiden Jokowi Bereaksi Begini

"Kita tidak akan takut, tetapi sebaliknya tetap teguh dalam iman kita dan menantang kejahatan," tulisnya.

Sementara Presiden Joe Biden menyerukan agar warga Amerika Serikat tetap bersatu.

"Persatuan adalah tujuan yang paling sulit dipahami, tetapi tidak ada yang lebih penting daripada itu saat ini," ujarnya.Sekolah di Gaza diserang Israel

Serangan udara Israel di dekat sekolah yang dikelola PBB menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai puluhan lainnya, kata pemerintah setempat.

Warga mengatakan dua rudal menargetkan lantai atas sekolah, tidak jauh dari pasar lokal para pengungsi, ??yang di dekatnya juga sering menjadi tempat berlindung mereka.

Israel mengklaim serangan di akhir pekan, menewaskan komandan brigade Khan Younis Hamas, tetapi nasib pemimpin sayap bersenjata kelompok itu, Mohammed Deif, belum diketahui.

Pembicaraan gencatan senjata sepertinya akan terus berlanjut, setelah seorang pejabat senior Hamas mengatakan kelompoknya tetap berunding meski Gaza masih diserang.Bintang 90210 meninggal dunia

Shannen Doherty, yang namanya melejit lewat serial Beverly Hills 90210 dan Charmed, meninggal dunia pada usia 53 tahun setelah berperang dengan kanker.

"[Ia adalah] anak perempuan, saudara perempuan, bibi, dan sahabat yang berbakti dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya serta anjingnya, Bowie. Keluarga meminta privasi mereka saat ini agar mereka dapat berduka dengan tenang," demikian pernyataan juru bicara keluarganya.

Sebelumnya, Shannen didiagnosis menderita kanker payudara stadium 4.

Ia pernah mendokumentasikan hidupnya dalam sebuah podcast setelah diagnosis kanker, yang juga membahas citranya sebagai perempuan nakal.

"Banyak yang sudah menulis tentang saya di dunia," katanya dalam podcast tersebut. "Dan 90 persennya salah."Spanyol juara Euro Cup

Spanyol menjadi raja sepak bola Eropa untuk keempat kalinya, sementara Inggris merasakan kegagalan yang menyakitkan setelah menunjukkan mereka tidak cukup berprestasi dalam beberapa tahun terakhir.

Kesebelasan Spanyol mendominasi pertandingan, sebelum akhirnya laga final Euro Championship 2024 dimenangkan Spanyol atas Inggris dengan skor 2-1. 

Mikel Oyarzabal mengantarkan kemenangan Spanyol di menit ke-86, saat menyambut umpan silang dari Marc Cucurella.

"Kami sangat senang dan berharap ini bisa terus berlanjut dan kami bisa maju ke Piala Dunia [2026]," ujar Nico Williams, pesepak bola asal Spanyol.

Inggris, yang disebut-sebut sebagai tempat lahirnya sepak bola di tahun 1863, masih belum meraih gelar utama sejak Piala Dunia 1966.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Telinga Kanan

Berita Terkait