Akhir tahun semakin mendekat, apakah Anda punya rencana berpergian?

Di Tiongkok, perbatasan internasional sepertinya akan segera dibuka, apalagi menjelang musim liburan Tahun Baru Imlek, yang akan jatuh pada 22 Januari 2023. 

BACA JUGA: Australia Menguji Coba Rumah dengan Roda Untuk Atasi Krisis Perumahan

Mulai 8 Januari mendatang, warga Tiongkok sudah bisa mulai mengajukan paspor atau visa untuk bisa ke luar negeri. 

Inilah yang menjadi fokus Dunia Hari Ini, edisi 29 Desember berserta laporan-laporan utama dari belahan dunia lainnya.

BACA JUGA: Bayi Iguana Pink yang Diperkirakan Punah Muncul Kembali di Pulau Galapagos

Tanggapan dunia soal Tiongkok buka perbatasan

Italia menjadi negara pertama di Eropa yang mewajibkan orang yang datang dari Tiongkok untuk melakukan tes COVID-19, setelah Tiongkok berencana membuka kembali perbatasannya.

Amerika Serikat juga mewajibkan orang yang datang dari Tiongkok untuk dites dan memastikan hasilnya negatif. Begitu juga di Malaysia, Taiwan, dan India.

BACA JUGA: Ular Juga Punya Klitoris dan Peneliti Menemukannya di Sembilan Jenis Ular

Langkah tersebut diambil di tengah kekhawatiran atas potensi munculnya varian baru saat angka penularan COVID di Tiongkok meningkat.

Sementara Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan tidak ada perubahan saran bagi pelaku perjalanan asal Tiongkok yang datang ke Australia.Hukuman penjara akibat rugikan bursa saham

Seorang pengusaha Malaysia yang dihukum karena mendalangi penipuan saham hingga merugikan pasar bursa saham singapura senilai SG$8 miliar telah dijatuhi hukuman 36 tahun penjara.

Menurut dokumen pengadilan di Singapura, John Soh Chee Wen mengaturpenipuan beserta komplotannya, termasuk pacarnya Quah Su-Ling, warga Singapura yang juga dijatuhi hukuman penjara 20 tahun.

Keduanya menggunakan lebih dari 180 akun perdagangan untuk menggelembungkan harga saham tiga perusahaan, yang disebut hakim menggunakan cara "skema skala besar, kompleks dan canggih".

"Berbekal pemahaman yang baik tentang pasar sekuritas dan keuangan, dan memanfaatkan koneksi dan jaringan mereka yang luas, mereka dengan berani mengeksploitasi sistem tersebut," katanya hakim Hoo Sheau Peng.Warga Australia meninggal di Ukraina

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) mengonfirmasi tewasnya seorang pria warga negara Australia, bernama Sage O'Donnell, dalam pertempuran di Ukraina.

Ibu dari Sage mengatakan putranya "meninggal dalam aksi untuk membela kebebasan rakyat Ukraina", menurut DFAT.

DFAT menegaskan pihaknya sudah "memberikan bantuan konsuler kepada keluarga seorang warga Australia yang meninggal di Ukraina".

Sebelumnya, warga Australia lainnya, Trevor Kjeldal, tewas bulan lalu dalam serangan saat melawan pasukan Rusia di wilayah Donbas, Ukraina.Korban tewas akibat banjir Filipina meningkat

Korban tewas akibat banjir di Filipina meningkat menjadi 29 orang, sementara 25 orang masih hilang, menurut data terakhir pemerintah setempat.

Badai diperkirakan akan menurunkan lebih banyak hujan di wilayah selatan dan tengah yang saat ini paling parah dilanda banjir.

Badan tanggap bencana nasional Filipina mengatakan sebagian besar korban tewas akibat tenggelam, sementara di antara yang hilang adalah nelayan yang kapalnya terbalik.

Lebih dari 86.000 orang masih berada di tempat penampungan darurat pada hari Kamis.Kesehatan mantan Paus memburuk

Vatikan mengumumkan kesehatan Emeritus Benediktus XVI memburuk di usianya yang 95 tahun dan dokter terus memantau kondisi kondisinya.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan Rabu kemarin, Paus Fransiskus meminta umat untuk berdoa bagi Benediktus.

Paus Fransiskus juga sudah menengoknya di tempat Benediktus XVI pensiun saat ini.

"Mengenai kondisi kesehatan paus emeritus, yang diminta oleh Paus Fransiskus untuk didoakan pagi ini, saya dapat memastikan jika dalam beberapa jam terakhir, kondisinya memburuk karena usia lanjut," kata Matteo dalam pernyataan tertulis.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Korea Selatan Cabut Larangan Impor Boneka Seks

Berita Terkait