Anda kembali membaca laporan Dunia Hari Ini edisi Rabu, 6 September 2023.

Untuk memudahkan mengikuti perkembangan dunia, kami sudah merangkum sejumlah informasi terkini dari berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Kenapa Rumah yang Berantakan Memicu Kecemasan dan Apa yang Bisa Dilakukan?

Kita awali dengan berita terbaru dari Italia yang mencoba mengurangi turis di kota Venesia.Tarif untuk wisatawan di Venesia

Tahun depan, dewan kota Venesia berencana untuk menerapkan biaya masuk sebesar $8 untuk pengunjung harian.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Festival Burning Man Berubah Jadi Bencana Banjir Lumpur

Uji coba ini dilakukan untuk mengendalikan jumlah turis selama 30 hari, yang akan lebih sering dilakukan selama periode musim panas saat jumlah turis berada titik terbanyak.

Dampak pariwisata sudah lama jadi masalah bagi kota Venesia di Italia, dengan jumlah orang yang berasal dari luar melebihi jumlah penduduk tetap, yaknii sekitar 50.000 orang.

BACA JUGA: Menarik Minat Belajar Bahasa Indonesia di Australia Lewat Alat Musik Kendang

'Golden visa' pertama diberikan kepada CEO OpenAI

Sam Altman, CEO OpenAI jadi warga asing pertama yang menerima 'golden visa' atau visa emas dari Indonesia, meski belum jelas apakah ia memang mengajukan permohonan.

Seperti yang ditulis dalam situs resmi Ditjen Imigrasi, ia menerima golden visa dengan sub kategori tokoh dunia.

Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi Indonesia mengatakan Indonesia telah memberikan izin tinggal selama 10 tahun kepada Altman.

"Dengan golden visa ini, Altman diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan pemanfaatan kecerdasan buatan di Indonesia," kata Silmy.Pelatih timnas putri Spanyol dipecat

Federasi sepak bola Spanyol memecat Jorge Vilda, pelatih tim nasional putri, kurang dari tiga pekan setelah merayakan kemenangan Piala Dunia di Australia.

Tapi Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) tidak memberikan alasan atas keputusannya.

Montse Tomé, yang pernah jadi asisten Jorge, ditunjuk sebagai penggantinya, sekaligus jadi pelatih perempuan pertama.

Jorge secara terbuka mendukung presiden RFEF Luis Rubiales, yang dikritik karena secara agresif mencium mulut pemain Jenni Hermoso saat Spanyol menjadi juara Piala Dunia Perempuan beberapa waktu lalu.Mantan ketua 'Proud Boys' dijatuhi hukuman penjara

Enrique Tarrio, mantan ketua kelompok sayap kanan Proud Boys di Amerika Serikat dijatuhi hukuman 22 tahun penjara, karena keterlibatannya dalam peristiwa penyerangan di Capitol Hill yang terjadi 6 Januari 2021.

Sebelum hukuman dijatuhkan, Enrique, usia 39 tahun, berpidato di pengadilan dan menggambarkan kejadian tersebut sebagai "aib nasional".

Ia meminta maaf kepada anggota Kongres, petugas polisi, serta warga Washington, DC.

Jaksa mengatakan Enrique mengorganisir kekerasan dalam skala nasional, mengumpulkan kelompok yang memasuki Capitol, serta memberikan instruksi, dengan berujung pada aksi yang merusak tradisi berharga Amerika Serikat saat ada upaya peralihan kekuasaan secara damain.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Chef Australia Temukan Identitas Dirinya dari Memasak Rendang

Berita Terkait