Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin 4 September 2023.

Sejumlah informasi utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir telah kami rangkum, agar Anda lebih mudah untuk mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Chef Australia Temukan Identitas Dirinya dari Memasak Rendang

Visa emas untuk investor asing yang mau tinggal di Indonesia

Indonesia memperkenalkan skema visa emas untuk menarik investor asing, baik secara individu atau perusahaan, dengan tujuan meningkatkan perekonomian nasional, demikian pernyataan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Minggu kemarin.

"Visa emas adalah pemberian izin tinggal untuk jangka waktu perpanjangan lima hingga 10 tahun," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Topan Berkekuatan Besar Akan Menghantam Hong Kong

Bagi investor individu, untuk mendapatkan visa selama lima tahun mereka harus mendirikan perusahaan senilai $2,5 juta, sedangkan untuk visa 10 tahun diperlukan investasi $5 juta.

Sementara itu, investor perusahaan diharuskan berinvestasi $25 juta untuk mendapatkan visa lima tahun bagi direktur dan komisaris.Tapi jika ingin mendapatkan visa 10 tahun membutuhkan investasi $50 juta.

BACA JUGA: 4 Cara Tokyo Terbebas dari Masalah Kekurangan Perumahan

Jika calon investor tidak ingin mendirikan perusahaan, maka mereka bisa membeli obligasi pemerintah Indonesia senilai $350.000 hingga $700.000.

Hari Senin ini, SpaceX Crew-6 milik NASA mendarat di Bumi, mengakhiri misi mereka setelah hampir enam bulan.

Pesawat ruang angkasa Dragon, bernama Endeavour, lepas landas meninggalkan stasiun luar angkasa, dan membawa hasil penelitian penting ke Bumi, kata NASA.

Stephen Bowen dan Woody Hoburg, keduanya astronot NASA, Sultan Alneyadi astronot Uni Emirat Arab , dan kosmonot Roscosmos Andrey Fedyaev ikut dalam misi ke luar angkasa tersebut.

Mereka mendarat di salah satu dari tujuh zona pendaratan di kawasan Samudera Atlantik atau Teluk Meksiko di lepas pantai Florida.Ribuan warga Taiwan dievakuasi

Untuk pertama kalinya setelah empat tahun, topan Haikui melanda kawasan pegunungan di sebelah tenggara Taiwan.

Sejak Minggu kemarin lebih dari 7.000 warga sudah dievakuasi, sementara 75.000 rumah mengalami pemadaman listrik sementara, serta sejumlah penerbangan domestik dibatalkan.

Menurut pernyataan dari kantornya, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memperingatkan masyarakat harus menghindari keluar rumah dan tidak mendaki gunung, ke pantai, memancing atau melakukan olahraga di kawasan perairan.

Pihak berwenang melaporkan bahwa lebih dari 40 orang terluka akibat badai tersebut, termasuk setidaknya dua orang di daerah pegunungan Hualien, karena pohon tumbang menabrak mobil mereka.Band rock KISS akan tampil di final footy

AFL, lembaga sepak bola gaya Australia atau footy, mengonfirmasi band rock Amerika KISS akan tampil menghibur di puncak pertandingan grand final tahun ini.

KISS sekarang sedang melakukan tur keliling dunia, berjudul End of the World.

Mereka mengatakan menjadi sebuah kehormatan untuk bisa tampil di hari paling penting dalam kalendar AFL tahun ini.Barbie terus cetak rekor

Barbie dan Oppenheimer terus mencetak rekor penjualan tiket, bahkan setelah tujuh minggu tayang di bioskop.

Akhir pekan kemarin, Barbie karya Greta Gerwig resmi menjadi film terbesar tahun 2023 dengan pendapatan lebih dari $1,36 miliar secara global, melewati angka yang pernah dicetak film The Super Mario Bros.

Sementara itu, Oppenheimer karya Christopher Nolan berhasil melampaui $850 juta secara global dan menjadi film terlaris ketiga tahun ini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Australia Bakal Menggelar Referendum di Bulan Oktober Mendatang

Berita Terkait