E-sports Indonesia Mendunia, PB ESI Kembali Dipimpin Budi Gunawan

Senin, 07 Oktober 2024 – 10:40 WIB
Musyawarah Olahraga Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menetapkan Budi Gunawan sebagai ketum PB ESI periode 2024-2029. Foto dok. PB ESI

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol. (Purn.) Budi Gunawan (BG) kembali terpilih sebagai ketua umum PB ESI periode 2024-2029.

Keputusan itu disepakati dalam Musyawarah Olahraga Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). 

BACA JUGA: Liga E-sports Nasional 2024 Banjir Pujian

Di bawah kepemimpinan BG, PB ESI telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam membangun e-sports sebagai cabang olahraga yang makin diminati, baik di kancah nasional maupun internasional.

Dalam pidatonya, Budi Gunawan mengungkapkan rasa syukur atas dukungan yang diterimanya dari berbagai pihak.

BACA JUGA: Menpora Dito Apresiasi Kontribusi LPDUK Mengembangkan Ekosistem E-Sports

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus yang telah bekerja keras membesarkan e-sports nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung PB ESI,” kata Budi Gunawan dalam pidatonya dikutip Senin (7/10). 

Lebih lanjut, dia menekankan keberhasilan PB ESI dalam berbagai event besar, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 dan PON Aceh-Sumut 2024. 

BACA JUGA: Budi Gunawan: Pengalihan Subsidi BBM Jadi Perlindungan Masyarakat Kelas Bawah

Keberhasilan di PON Papua dan PON Aceh merupakan bukti komitmen PB ESI membuka ruang dan peluang sebesar-besarnya, bagi gim karya anak bangsa agar tidak hanya menjadi jagoan di dalam negeri, tetapi juga dapat bersaing di pasar internasional mewakili Indonesia. 

Sukses kepemimpinan Budi Gunawan dalam membangun e-sports juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer menyebut bahwa e-sports telah mencatat sejarah penting bagi Indonesia, mulai dari Asian Games 2018 di Jakarta hingga PON Aceh-Sumut 2024. 

"Di kancah internasional, pada kejuaraan dunia e-sports internasional tahun 2022 di Bali, Indonesia juga keluar sebagai juara. Ini semua adalah bukti bahwa pembinaan prestasi esports melalui kepengurusan PB E-sports Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Jenderal Budi Gunawan telah berhasil," ungkapnya.

Periode kepengurusan 2020-2024 juga telah berjalan dengan baik dan patut mendapatkan apresiasi.

Wakil Ketua Umum III KONI Mayjen TNI (Purn.) Andri Sutarno, juga memberikan penghargaan tinggi atas kemajuan yang dicapai PB ESI. 

Dia menyoroti kebangkitan industri gim Indonesia yang ditandai dengan kehadiran gim lokal, seperti "Battle of Guardians" pada PON ke-21 Aceh-Sumut 2024. 

"Ini merupakan prestasi PB ESI di bawah kepemimpinan Jenderal Budi Gunawan sebagai ketua umum pertama dalam sejarah PB ESI," ucapnya. 

Dia memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Budi Gunawan dan jajaran, khususnya Pengurus Besar E-sports Indonesia masa bakti pertama yang telah begitu besar memajukan sejarah olahraga esports di tanah air.

Dengan terpilihnya kembali Budi Gunawan sebagai ketum PB ESI, diharapkan kepemimpinannya akan terus membawa e-sports Indonesia ke level yang lebih tinggi, baik di kancah nasional maupun internasional. (esy/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... BOOM Esports Jadi Jawara 2024 PMSL SEA Summer, Keren


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler