EdenFarm Gelar Temu Tani di Pulau Jawa, Ini Tujuannya

Minggu, 18 Juni 2023 – 10:06 WIB
EdenFarm Gelar Temu Tani di Pulau Jawa, Ini Tujuannya. Foto: dok. EdenFarm

jpnn.com, JAKARTA - Startup Food-servicer B2B EdenFarm mengadakan 'Temu Tani', bicang santai dengan petani di Pangalengan, Garut, Brebes, dan Probolinggo.

Dalam kegiatan itu, EdenFarm memberikan edukasi mengenai solusi permasalahan yang kerap dihadapi petani, dan sosialisasi program Farming Project.

BACA JUGA: Penuhi Kebutuhan Produk Segar, EdenFarm Gandeng Segari Sebagai Mitra Bisnis

Temu Tani perdana di Aula Koperasi Nurul Iman, Kampung Pinggirsari, Desa Cihawuk, Kertasari, Pangalengan, Jawa Barat.

Di Pangalengan yang merupakan wilayah komoditas Kentang, Eden Temu Tani dihadiri oleh lebih dari 50 petani setempat.

BACA JUGA: EdenFarm dan ALAMI Dukung Petani Tingkatkan Produktivitas

Oki Harmawan, Head of Eden Supply Network mengatakan pihaknya hadir untuk membantu pengoptimalan budi daya kentang agar makin baik dan menguntungkan.

"Kami memastikan 2P kepada mitra tani, yaitu Pasti dijaga penanamannya yang didampingi oleh tim lapangan dan agronomis EdenFarm dan Pasti diambil hasil panenya 100%, dengan syarat tidak ada hasil yang busuk," ujar Oki, dalam keterangannya, Minggu (18/6).

BACA JUGA: Penas Tani Nelayan XVI Resmi Ditutup, Kementan Ajak Petani Percepat Pembangunan Pertanian

Selain mendapat pendanaa pertanian, mitra tani akan mendapat pendampingan dari tim agronomis EdenFarm terkait pola tanam dan budi daya holtikuture.

Tidak hanya edukasi, dukungan berupa saprodi juga rutin diberikan seperti pupuk, benih/ bibit dan pestisida juga diberikan untuk memaksimalkan hasil panen pertanian.

Sampai pertengahan tahun 2023 ini, sudah lebih dari 350 mitra tani yang telah bergabung di Eden Farming Project di sekitar pulau Jawa.

Para mitra tani juga akan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti aplikasi petani atau Farmers Apps. Melalui aplikasi ini, mitra tani dapat mengakses ensiklopedia pertanian, melihat prediksi cuaca dan waktu yang tepat untuk panen.

Selain itu, terdapat juga pertemuan petani yang dilakukan secara rutin oleh tim Farmer Hunter & Farmer Relation EdenFarm untuk meningkatkan kompetensi dan keakraban antar para mitra tani.

Rofiq, tim Agronomis EdenFarm menjelaskan bahwa pendistribusian air yang merata merupakan faktor utama keberhasilan panen pada musim kemarau.

"Antisipasi terbaik yang bisa petani lakukan khususnya pada musim kemarau adalah dengan membuat penampungan air sehingga lahan pertanian tetap bisa terdistribusikan dengan air yang cukup,” papar Rofiq. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler