Eits! Jangan Sepelekan Lemon

Sabtu, 09 Juli 2016 – 06:04 WIB
Lemon. Foto: Health

Tahukah Anda bahwa manfaat jeruk lemon itu sangat banyak dan sangat menguntungkan? Lemon mungkin termasuk jenis jeruk yang kurang banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis lain. Hal ini bisa dimaklumi karena harganya yang cukup mahal.

Jeruk lemon selama ini lebih banyak digunakan sebagai penambah cita rasa masakan dan untuk menambah rasa segar pada minuman.

Namun tahukah Anda jika lemon juga mengandung nutrisi lain yang juga baik untuk kesehatan Anda? Berikut ini beberapa nutrisi dan manfaat kesehatan lemon, seperti dilansir laman Fitday:

1. Lemon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C. Lemon juga sumber yang sangat baik dari kalium, kalsium, serat dan vitamin B6. Lemon mengandung besi, magnesium, riboflavin dan thiamin.

2. Vitamin C tinggi dalam lemon menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari flu, pilek dan infeksi telinga.

Vitamin C juga telah terbukti untuk memperlambat perkembangan penyakit jantung dan mengurangi gejala arthritis.

3. Lemon mengandung flavonoid dengan sifat antikanker. Dalam penelitian hewan dan tes laboratorium menggunakan sel manusia, limonoid, yang merupakan senyawa dalam lemon telah menunjukkan mampu melawan kanker seperti payudara, perut, usus, kulit dan kanker paru-paru.

4. Lemon juga telah dikenal untuk meringankan bintik-bintik dan bekas jerawat. Selain itu, lemon diperas ke dalam air bisa membantu untuk menyegarkan napas dan membunuh bakteri.

5. Lemon juga memiliki daftar panjang kegunaan untuk membersihkan dan sanitasi di rumah. Misalnya, bisa diperas ke dalam air dan diterapkan dalam microwave untuk menghilangkan bau. Atau, jus lemon diperas ke dalam air dan direbus di atas kompor bisa mengubah aroma rumah dan menambahkan kelembaban.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Empat Cara Ini Bisa Memangkas Risiko Terkena Kanker

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anda Kurang Tidur? Baca Nih Dampak Negatif Bagi Kesehatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler