Perekonomian Australia telah meningkat 0,6 persen pada kuartal terakhir. Artinya sudah meningkat sebesar 2,8 persen sepanjang tahun lalu.

Angka ini menunjukkan peningkatan, namun masih rendah dari harapan.

BACA JUGA: Polisi Australia Sita 600 kg Narkoba Asal Panama

Pertumbuhan Ekonomi Australia Kuartal Terakhir 2017:Meningkat 2,8 persen sepanjang tahun hingga bulan September Kontribusi terbesar pada pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan komersial dan industri teknikIndustri profesional, sains, dan pelayanan teknis, menjadi sektor yang meningkat di kuartal terakhir

Sejumlah ekonom yang disurvei oleh Reuters pada umumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 persen pada awal kuartal September lalu dan 3 persen sepanjang tahun lalu.

Angka pertumbuhan tahunan yang membaik terbantu oleh data kuartal September dari penurunan tahun lalu, dan hal ini membawa Australia mendekati tingkat ekspansi ekonomi rata-rata.

BACA JUGA: Australia Didorong Tangani Ketahanan Pangan di Asia Pasifik

Pertumbuhan ekonomi Australia didorong oleh sektor publik dan swasta di kuartal terakhir.

"Peningkatan aktivitas investasi bisnis swasta dan infrastruktur publik mendukung pertumbuhan luas di industri," ujar Bruce Hockman, kepala ekonom di biro statistik Australia, atau ABS, .

BACA JUGA: Kepunahan Harimau Sumatra Semakin Memburuk

Sementara pembangunan bukan hunian telah menambah 0,9 persen selama kuartal terakhir, mengimbangi penurunan kontruksi hunian yang mencapai 0,1 persen.

"Investasi adalah penggerak positif yang besar (naik 1,8 persen dilihat per kuartal), namun agak diuntungkan dengan kenaikan tajam kontruski bukan hunian, kemungkinan berasal dari pembangunan dua fasilitas gas alam di Australia Barat dan Kawasan Australia Utara," ujar Sarah Hunter, kepala ekonom dari BIS Oxford Economics.

"Jadi ada banyak tanda bahwa investasi bisnis akan kembali, dan data capex yang dikeluarkan minggu lalu menunjukkan hal ini akan berlanjut."

Sementara itu Menteri Keuangan Australia, Scott Morrison mengatakan investasi publik menguat setiap tahunnya.

"Investasi publik baru naik 12,6 persen sepanjang tahun, dengan investasi pertahanan naik 31 persen sepanjang tahun," katanya kepada wartawan pada sebuah konferensi pers.

Hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan ini adalah peningkatan kompensasi karyawan yang naik 1,2 persen, menambahkan poin 0,6 persen untuk keseluruhan peningkatan PDB.

Hal ini terutama karena lebih banyak orang memiliki pekerjaan dibanding berapa banyak masing-masing mereka dibayar.

"Ini didominasi oleh penambahan lapangan kerja, khususnya, pekerjaan penuh waktu," kata Morrison.

"Kami telah melihat peningkatan lebih dari 1.000 pekerjaan sehari."Belanja rumah tangga terendah sejak tahun 2008 Belanja ritel di tahun 2016/2017 berada di titik terendah dalam empat tahun.

ABC News

Kurangnya pertumbuhan upah menyebabkan belanja konsumen tertahan. Padahal belanja konsumen ini menghasilkan sekitar 60 persen dari perekonomian.

"Belanja konsumen sangat lemah, naik hanya 0,1 persen pada kuartal tersebut," tulis Dr Hunter.

"Kelemahan dalam ritel diharapkan mengubah daya yang rilus tahun lalu, tapi dari angka pertumbuhan tersebut juga menunjukkan adanya kesulitan dengan komponen berbelanja laiannya.

Tim ekonomi di ABS mengatakan pertumbuhan belanja konsumen hanya naik 0,1 persen, menjadi data terendah sejak tahun 2008.

Daru pengamatan ABS, 17 dari 20 sektor industri mencatat pertumbuhan pada kuartal ini. Prrofesional, ilmuwan dan pelayanan teknis berada di depan, bersama dengan sektor perawatan kesehatan, bantuan sosial, dan manufaktur.Adanya perubahan ekonomi Pabrik Holden di Adelaide dibuka tahun 1963, kemudian resmi ditutup jelang akhir Oktober 2017.

ABC News: Caroline Winter

Dalam National Accounts kuartal tahun ini, ABS juga menyertakan laporan khusus soal bagaimana ekonomi Australia telah berubah selama 30 tahun terakhir.

Perubahan terbesar adalah dalam hal memproduksi barang hingga menyediakan layanan.

Pada tahun 1985-1986 produksi barang mencapai lebih dari sepertiga nilai ekonomi, pada tahun keuangan terakhir angkanya telah turun hingga 20 persen.

Sebaliknya, sektor jasa ekonomi meningkat dari hanya 50 menjadi 63 persen dalam periode yang sama.

Pertumbuhan terbesar di sektor ini adalah munculnya layanan bisnis, karena perusahaan melakukan outsourcing lebih banyak.

Disadur dari berita aslinya dalam bahasa Inggris, yang bisa dibaca disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria Sydney Diduga Paksa Istrinya Tinggalkan Australia Ke India

Berita Terkait