Ekonomi Indonesia Masih Surplus

Senin, 01 Juni 2009 – 11:01 WIB
JAKARTA- Krisis global yang melanda berbagai belahan dunia, ternyata masih memberikan angka positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia khususnya di bidang ekspor dan impor.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan, Diah Maulida menerangkan, pertumbuhan ekspor Indonesia untuk periode 2008-2009 masih berada pada posisi 17 persen.

“Memang ini lebih menurun apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun  2008 laluNamun, posisi ekspor dan impor Indonesia masih tetap surplus,” ungkap Diah.

Menurutnya, hal tersebut dibuktikan dengan adanya data-data pergerakan bongkar muat container di pelabuhan

BACA JUGA: KUR Hanya untuk Peminjam Baru

“Di pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak dan sebagainya itu, pada bulan Januari sempat drop
Tapi saat ini sudah menunjukkan peningkatan, dan angkanya nanti akan telihat jelas,” papar dia yang hingga saat ini belum dapat memberikan angka pastinya.

Salah satu upaya untuk mendongkrak angka ekspor dan impor Indonesia, Diah menjelaskan bahwa pemerintah harus lebih giat untuk menggerakkan ekonomi kreatif.

“Yang harus diutamakan adalah bagaimana mengembangkan potensi yang besar dari kreativitas masyarakat dan budaya kita

BACA JUGA: Gaji ke-13 Gairahkan Sektor Riil

Ada kurang lebih 14 sektor
Salah satunya kerajinan yang banyak mengandung sentuhan kreatifitas dan warisan budaya kita, di mana termasuk di dalamnya adalah fashion,” jelasnya.

Adapun dari segi permodalan, pemasaran, dan teknologinya,  Diah mengatakan Depdag  dan Depperin akan siap membantu, terlebih untuk mengikuti pameran-pameran di luar negeri.

“Untuk di luar negeri,  kita akan galakkan  branding  agar produk Indonesia dikenal dunia, serta harus ramah lingkungan,” imbuhnya

BACA JUGA: Pemerintah-NNT Bahas Harga Saham

(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Subsidi Listrik 2010 Diasumsikan Rp 43,25 T


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler