Elektabilitas Anies-Sandi Meningkat tapi...

Senin, 06 Februari 2017 – 16:17 WIB
Anies-Sandi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memperlihatkan tren meningkat dibandingkan dua pasangan lainnya, Ahok-Djarot dan Agus-Sylvi. Namun, peningkatan yang ada belum mampu mengalahkan elektabilitas pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

"Elektabilitas Anies-Sandi terus meningkat. Pada survei September lalu hanya 25,4 persen. Naik menjadi 26,4 persen pada November dan kembali naik menjadi 27,8 persen pada Januari 2017," ujar Direktur Riset Median Sudarmo, saat merilis hasil survei di Bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

BACA JUGA: Habib Novel Ngebet Luapkan Amarah ke Ahok, Tapi...

Menurut Sudarmo, elektabilitas pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra tersebut terus meningkat. Peningkatan tersebut kemungkinan karena dipersepsikan akhir-akhir ini lebih mendukung dan terlibat dalam gelombang aktivisme ke-Islaman, terkait kasus penistaan agama.

Sebelumnya Median menanyakan pada responden, siapa dari antara kandidat pasangan calon Gubernur DKI mendukung gerakan ke-Islaman terkait kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok.

BACA JUGA: Ini Penyebab Elektabilitas Agus-Sylvi Merosot Tajam

"Jawabannya, 35,5 persen responden mengatakan Anies-Sandi. Sementara yang menjawab Agus-Sylvi hanya 20,8 persen," ucap Sudarmo.

Kemungkinan lain, karena minimnya berita negatif tentang Anies-Sandi. Mayoritas responden kata Sudarmo, mengaku lebih mengetahui kasus korupsi calon wakil Gubernur DKI Sylviana Murni. Hingga mencapai 26,3 persen. Sementara terkait pemberitaan Anies Baswedan dilaporkan ke KPK, hanya dinilai 3,4 persen responden sebagai salah satu berita negatif.

BACA JUGA: PKB Harapkan PBNU Tolak Paslon demi Cegah Pemolitikan

Survei Median digelar pada 29 Januari hingga 2 Februari lalu, dengan 800 responden yang dipilih menggunakan teknis multistage random dari populasi penduduk Jakarta. Margin of error lebih kurang 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, elektabilitas Ahok-Djarot 29,8 persen. Anies-Sandi 27,8 persen dan Agus-Sylvi 26,1 persen. Sementara responden yang belum menentukan pilihan 16,3 persen.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Ingatkan Massa NU soal Keanehan Ahok


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler