Elektronik Dominasi Angka Ekspor China

Kamis, 01 April 2010 – 15:31 WIB
JAKARTA - Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemdag) RI, Diah Maulida menerangkan, barang-barang atau produk ekspor China yang masuk ke Indonesia sebagian besar merupakan barang elektronikAntara lain berupa komputer dan telepon selular (ponsel).

"Nilai ekspor China ke ASEAN sepanjang tahun 2009 mencapai USD 102,67 miliar, dan didominasi oleh produk komputer dan ponsel," ujar Diah, ketika ditemui di Gedung Kemdag, Jakarta, Kamis (1/4).

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemdag, sementara itu produk impor China pada umumnya adalah berupa hasil bumi dan komoditas

BACA JUGA: Melanggar, China Dikenakan BMAD

Impor dari ASEAN ke China sendiri nilainya mencapai USD 105,06 miliar
Berarti, China sebetulnya defisit USD 2,38 miliar.

Meski defisit, lanjut Diah, namun pengusaha Indonesia tetap merasa terancam dengan banjirnya produk China di pasar domestik

BACA JUGA: SP Habiskan Rp3,3 Triliun

Pasalnya, para pengusaha Indonesia menilai bahwa nilai ekspor Indonesia ke China kecil sekali, yakni hanya sebesar USD 13,55 miliar, atau 1,35 persen dari total impor China.

Dijelaskan Diah, dari total nilai ekspor ini, ekspor produk pertanian mencapai USD 4,8 miliar
Sementara produk pertambangan mencapai USD 1,8 miliar dan produk industri mencapai USD 109,6 juta

BACA JUGA: Ekspor RI Capai USD11,2 Milliar

Diah memandang, ACFTA justru menjadi peluang besar untuk menggenjot ekspor ke China"Nilai 1,35 persen itu, berarti masih banyak peluang yang bisa kita kerahkan untuk ekspor barang ke China," tukas Diah(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPS Anggap Dampak ACFTA Belum Terasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler