Elite Politik Sebaiknya Tidak Keluarkan Pernyataan Provokatif

Senin, 22 April 2019 – 19:38 WIB
Budi Karya Sumadi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) mengajak masyarakat menjaga kedamaian dan kerukunan antarsesama anak bangsa.

Ajakan dikemukakan menyusul polemik yang mengemuka di tengah masyarakat, setelah pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019.

BACA JUGA: Inilah Capres Pilihan Pandji Pragiwaksono

“Kagama mengajak seluruh rakyat tetap menjaga kedamaian, kerukunan dan tali persaudaraan antarsesama anak bangsa,” ujar Ketua Harian Pengurus Pusat Kagama, Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/4).

BACA JUGA: Luhut: Prabowo Itu Rasional dan tak Pernah Ingin Menghacurkan Negeri Ini

BACA JUGA: Burhanuddin Muhtadi Laporkan 4 Akun di Medsos Ini ke Bareskrim Polri

Budi Karya mengimbau masyarakat tidak terpancing dengan provokasi yang bisa memecah belah bangsa.

Budi juga meminta seluruh anggota Kagama dapat berperan menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA: Sambil Tersenyum, Maruf Amin: Jangan Panggil Saya Wapres dulu

“Pemilu sebagai instrumen kedaulatan rakyat harus senantiasa dijaga dan dikawal, agar berlangsung damai, bermartabat, jujur dan adil. Kagama mengajak setiap elemen bangsa mengawal tahapan pemilu,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat menteri perhubungan ini secara khusus menyatakan, Kagama mendukung para penyelanggara pemilu dalam menjalankan tugas secara mandiri dan profesional.

“Tunggu hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan oleh KPU sebagai lembaga yang legitimate, jika tidak puas bisa disalurkan melalui cara konstitusional,” katanya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno: Selama Tiga Hari Ini Banyak Berita Lucu

Sementara itu kepada para elite politik, Budi Karya meminta agar tidak mengeluarkan pernyataan yang provokatif, yang bisa memunculkan ketegangan dan polarisasi di akar rumput.

“Para pemimpin harus menjadi contoh dan teladan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus semakin dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi, setiap langkah inkonstitusional harus dilawan karena menghancurkan fondasi berbangsa dan bernegara,” pungkas Budi. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Uno: Selama Tiga Hari Ini Banyak Berita Lucu


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler