Elpiji 3 Kg Langka, Dirut Pertamina Diminta Bersuara

Kamis, 14 Desember 2017 – 13:04 WIB
Kelangkaan gas elpiji 3 Kg. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelangkaan gas elpiji 3 Kg masih ramai menjadi perbincangan.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana menduga kelangkaan elpiji 3 kg merupakan langkah Direktur Utama PT Pertamina Ellia Massa Manik untuk menutupi kondisi perseroan yang sedang tidak sehat.

BACA JUGA: Elpiji 3 Kg Langka, Dirut Pertamina Harus Diganti?

Di mana sebelumnya Pertamina mengalami kehilangan pendapatan sebesar Rp 19 triliun untuk periode Januari - September 2017.

"Karena subsidi yang seharusnya diberikan untuk publik tidak dipenuhi, sehingga untuk mengurangi pembengkakan kerugian, maka Pertamina mengurangi barang-barang subsidi tersebut," ujar Azam.

BACA JUGA: Tiga Cara Pertamina Jamin Ketersediaan Elpiji 3 Kg

Karena itu Azam meminta, agar Massa Manik segera menjelaskan terkait kelangkaan gas elpiji 3 kg karena sudah membuat susah masyarakat kecil.

"Jika tidak, ini bukti bahwa tidak ada kepedulian Pertamina kepada rakyat, padahal rakyat sudah semakin sulit,” tegas Azam.

BACA JUGA: Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg, Sinyal Pencabutan Subsidi?

Dia juga mengaku curiga bahwa kelangkaan elpiji 3 kg di sejumlah daerah adalah siasat Pertamina di bawah komando Massa Manik untuk mencabut subsidi elpiji tersebut.

"Saya curiga Pertamina sengaja mengurangi suplai elpiji 3 kg sebab pemerintah tidak menambah atau mengurangi subsidi untuk hal tersebut,” jelas Azam.

Terpisah, Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman berkomentar, elpiji 3 kg menyangkut kebutuhan masyarakat tidak mampu, maka dampak politiisnya sangat berbahaya bagi pemerintah.

"Ironisnya, kondisi tersebut semakin diperparah bahwa dirut Pertamina saat ini tidak mampu mengelola komunikasi yang baik dengan Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM dalam menjalankan proses bisnisnya," ucap dia.

Yusri juga sepakat jika pemerintah sebaiknya mengevaluasi kembali kinerja Massa Manik.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gas Elpiji 3 Kg Langka Lagi, ini Analisis YLKI


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler