Emmy Penuh Sindiran untuk Presiden Trump

Selasa, 19 September 2017 – 08:10 WIB
Aktor Alec Baldwin menyindir Donald Trump dalam pidato kemenangannya di ajang Emmy Awards 2017. Foto: AP

jpnn.com - Pergelaran 69th Primetime Emmy Awards atau The Emmys 2017 di Microsoft Theatre, Los Angeles, kemarin WIB mungkin bisa dibilang event penghargaan paling serius dan politis sepanjang tahun ini.

Saturday Night Live (SNL), komedi sketsa yang sejak Oktober 2016 keranjingan menampilkan parodi serba-serbi pemilu presiden AS dan pemerintahan saat ini, menang besar. Empat trofi sekaligus dibawa pulang acara yang ditayangkan NBC tersebut.

BACA JUGA: Game of Thrones Absen, Dua Serial Ini Rajai Emmy Awards 2017

SNL meraih trofi dari kategori Outstanding Variety Sketch Series. Sutradara episode ”Host: Jimmy Fallon”, Don Roy King, menjadi sutradara terbaik untuk kategori Variety Series.

Sementara itu, dua bintangnya, Alec Baldwin serta Kate McKinnon, masing-masing membawa pulang trofi Aktor dan Aktris Pendukung Terbaik untuk kategori serial komedi.

BACA JUGA: Desainer Indonesia Kritik Donald Trump lewat Busana Muslim

”Akhirnya, Mr President, ini Emmy untukmu,” kata Baldwin saat menerima trofi.

Dia tentu menyindir Presiden AS Donald Trump yang tidak pernah sukses meraih Emmy melalui serial TV The Apprentice yang dipandunya.

BACA JUGA: AS Diserbu Badai, Jennifer Lawrence Salahkan Donald Trump

Di SNL, Baldwin memerankan Trump dengan sangat persis. Wig warna blonde, jas kebesaran, serta bibir dimonyongkan adalah dandanan andalan Baldwin ketika memerankan sang taipan properti sejak masa kampanye tahun lalu.

Menurut Baldwin, perannya sebagai Trump disukai karena warga AS frustrasi terhadap pemerintah. Baldwin adalah wakil mereka untuk menyentil sang presiden.

”Mereka mencintai negara mereka. Tapi, mereka bingung dan kesakitan. Mereka menghampiriku, menepuk punggungku setiap hari, dan berkata, ’Terima kasih’,” paparnya di belakang panggung sebagaimana dilansir Variety.

Host Stephen Colbert sejak awal juga habis-habisan menyindir Trump. Selain lewat lagu yang kira-kira intinya ”Semua akan tampak lebih menyenangkan di televisi”, dia menyebutkan bahwa suksesor Barack Obama itu sedang asyik nonton.

”Tweet-nya kami tunggu, ya,” tutur Colbert.

Lalu, pada akhir monolog, dia mengundang—coba tebak—Sean Spicer! Mantan humas pers Gedung Putih itu keluar panggung dengan mendorong sebuah podium.

Di SNL, Spicer diparodikan Melissa McCarthy dengan sangat lucu. Blunder apa pun yang dilakukan Spicer pasti jadi bahan olok-olok di SNL edisi berikutnya.

”Ini, tak diragukan lagi, merupakan audiens terbesar yang jadi saksi Emmys, titik. Baik secara perorangan maupun di seluruh dunia,” ucap Spicer.

Ngomong-ngomong soal parodi presiden, Veep juga mencatat rekor baru. Untuk kali ketiga beruntun, dia meraih gelar Serial Komedi Terbaik sejak 2015.

Bintangnya, Julia Louis-Dreyfus, mencatatkan rekor sebagai aktris yang paling banyak memenangi Aktris Komedi Terbaik untuk satu peran.

Enam kali sudah (sejak 2012), dia meraih Emmy berkat peran sebagai Selina Meyer.

”Ini telah dan akan terus menjadi peranku seumur hidup dan pengalaman yang sangat mengasyikkan,” ujar Louis-Dreyfus saat menerima trofi.

Dari kategori drama, Handmaid’s Tale mendominasi dengan lima trofi. Sementara itu, dari kategori Limited Series, Big Little Lies yang dibintangi A-lister Hollywood seperti Nicole Kidman, Reese Witherspoon, dan Shailene Woodley juga mengoleksi lima trofi.

Dua seri itu membawa isu yang cukup berat. Yakni, tentang kesetaraan gender dan kekerasan terhadap perempuan. ”Ini adalah tahun yang luar biasa bagi perempuan di televisi,” ungkap Witherspoon yang juga produser Big Little Lies. (adn/fam/c16/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Usut 1MDB, PM Najib Tidur Nyenyak di Hotel Mewah Trump


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler