Empat Jenazah Ditemukan di Sekitar Badan Pesawat

Sabtu, 07 Februari 2015 – 07:00 WIB
Evakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501. Foto: dok.Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - PANGKALAN BUN - upaya pencarian oleh tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) kemarin kembali membuahkan hasil. Empat jenazah penumpang Air Asia QZ8501 berhasil dievakuasi dari pagi hingga sore hari.

Kasubsi Operasi Kantor SAR Banjarmasin Wasino menuturkan, keempat jenazah tersebut ditemukan terpisah.

BACA JUGA: Jenazah Pilot Ditemukan Masih Duduk di Kursi

Tiga jenazah ditemukan pada pagi hari, sementara satu lainnya ditemukan pada siang hari. Seluruh jenazah tersebut ditemukan di dasar laut, sekitar badan pesawat.

Saat ini, keempatnya telah berada di KN Pacitan.  Rencananya, seluruh jenazah akan dijemput dengan KN SAR 224 untuk dibawa ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA: 13 Jenazah Masih Utuh, tapi Dua dari Makassar Menyedihkan

"Besok pagi (pagi ini) akan dijemput. Jam 05.00 WIB kapal berangkat dari Teluk Kumai," katanya saat dihubungi, kemarin (6/2).

"Untuk selanjutnya dibawa ke RSUD Sultan Imanuddin dan diterbangkan ke Surabaya," sambungnya. Dengan tambahan ini, maka jumlah seluruh jenazah yang ditemukan 94 jenazah. Sedangkan 68 jenazah lagi masih dicari keberadaannya.

BACA JUGA: Calon Ketum Peradi Sebut Kinerja KPK dan Polri Lambat

Wasino melanjutnya, dalam operasi kemarin, ada 20 penyelam dikerahkan untuk mencari jenazah penumpang pesawat yang hilang kontak pada 28 Desember tahun lalu.  

Selain melakukan pencarian, tim juga ditugasi untuk memastikan kemungkinan pengangkatan badan pesawat. Tim gabungan Basarnas percaya, di dalam badan pesawat masih terdapat jenazah dari pesawat nahas itu.

Proses pencarian kemarin pun dikatakannya cukup baik, sebab cuaca lebih bersahabat dibandingkan dua hari sebelumnya. Pasalnya pada dua hari terakhir, tinggi gelombang mencapai 3 meter dengan kecepatan arus bawah mencapai 4-5 knot.

Ia berharap, cuaca akan terus membaik mengiringi perpanjangan masa pencarian korban Air Asia rute Surabaya - Singapura ini seminggu ke depan. (mia/ens/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Serpihan-serpihan Pesawat yang Ditemukan Nelayan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler