EMPC Bawa Produser Indonesia Rilis Karya Bareng Label Belanda STMPD RCRDS

Jumat, 24 Mei 2024 – 19:29 WIB
DJ sekaligus produser, QuickBuck, pemenang Electronic Music Producer Contest (EMPC) berkolaborasi dengan NUZB asal Brasil. Foto: Dok. Iceperience

jpnn.com, JAKARTA - DJ sekaligus produser musik elektronik, QuickBuck, berhasil menjadi juara pertama ajang Electronic Music Producer Contest (EMPC) yang diselenggarakan oleh ICEPERIENCE.ID.

Dengan modal penting tersebut, QuickBuck kini merilis sebuah track berjudul Give All di bawah label musik kelas dunia asal Belanda, STMPD RCRDS.

BACA JUGA: Winky Wiryawan Ajak Produser Musik Elektronik Bergabung ke EMPC 2023

Menjadi juara di ajang bergengsi menjadi langkah fundamental bagi perjalanan karier bermusik QuickBuck yang bernama asli Farrel itu.

Tidak mudah sebab, dia bersaing ketat dengan ratusan peserta EMPC dengan musikalitas yang tidak kalah mentereng.

BACA JUGA: Gandeng Astralwerks, EMPC 2022 Libatkan Jonas Blue Sebagai Juri

Apalagi yang menjadi judges bukan nama sembarangan di kalangan musik elektronik, mulai dari Winky Wiryawan, SIHK, hingga beberapa representative dari STMPD RCRDS.

Salah satu elemen kemenangan dari QuickBuck di ajang EMPC adalah kekuatan pada track Give All miliknya yang dinilai punya warna tersendiri.

BACA JUGA: 3 Jawara EMPC 2020 Hadir dengan Karya Terbaru

QuickBuck mengenalkan karakter musiknya sebagai genre yang disebut Chroma House.

Track Give All dari QuickBuck juga menggandeng NUZB, musisi asal Brasil, dan dirilis secara internasional oleh STMPD RCRDS.

Bicara soal track Give All ini, QuickBuck menggambarkannya sebagai koneksi antara dua jiwa yang bertemu dan terjerat cinta pada pandangan pertama.

"Give All merepresentasikan perasaan falling in love yang membuat kita ingin memberikan segalanya kepada orang tersebut,” ungkap QuickBuck.

Sementara soal karakter musiknya, Farrel menyebut, ada sentuhan-sentuhan baru yang didapat dari kolaborasi dengan NUZB yang membawa pengaruh positif pada track ini secara keseluruhan.

"Sebenarnya chroma house adalah signature sound dari QuickBuck, yang ditambah vibe retro future dari musisi asal Brasil NUZB. Perkawinan antara keduanya menghasilkan genre color house yang danceable dan cocok dibawakan untuk nuansa festival atau klub,” tambahnya.

Pujian terhadap track Give All datang dari banyak pihak, termasuk STMPD RCRDS.

Steven Hiemstra, Label Manager STMPD RCRDS, meyakini Give All punya kualitas yang mengagumkan dan diperhitungkan oleh market musik elektronik secara global.

"Saya sudah tidak sabar ingin memperlihatkan hasil sinergi STMPD dan EMPC. Kami memadukan dua musisi muda berbakat dengan latar belakang yang berbeda. QuickBuck dari Indonesia dan NUZB dari Brasil. Keduanya secara mengagumkan punya chemistry dan menghasilkan karya yang luar biasa," jelas Steven Hiemstra.

Selain perilisan Give All dari QuickBuck berkolaborasi dengan NUZB, kesempatan yang sama juga didapatkan para pemenang EMPC yang berada di posisi kedua dan ketiga untuk merilis track bersama label STMPD RCRDS.

Rynyr yang merupakan 2nd Winner EMPC 2023 merilis track Finding Your Heart dan Hunn sebagai 3rd Winner EMPC 2023 yang meluncurkan track berjudul Be With You.

Kualitas yang dimiliki QuickBuck, Rynyr, dan Hunn dalam karya-karyanya tidak lepas dari peran para judges sekaligus mentor di ajang EMPC 2023 seperti SIHK dan Winky Wiryawan.

SIHK mengatakan, secara keseluruhan kualitas track yang di-submit para peserta punya potensi yang luar biasa. Itu sebabnya proses kurasi bukanlah hal yang mudah.

“Selain itu, karya mereka fokus pada keberagaman dan kreativitas. Para finalis juga menggunakan berbagai teknik, skill, ide-ide inovatif, serta tren musik elektronik yang kuat pada karya mereka," beber SIHK

Sementara itu, perwakilan ICEPERIENCE.ID Arry Kurniawan memberikan apresiasi kepada para pemenang EMPC 2023 dan seluruh peserta yang terlibat.

Arry berharap ajang EMPC dan para pemenang yang dihasilkan menjadi pijakan penting dalam memberi ruang dan memotivasi talenta-talenta produser muda di Indonesia.

“Orisinalitas adalah satu kunci awal yang langsung terlihat dari track yang mereka buat, karena dari sinilah karakter setiap produser muda tergambar. Dengan prestasi mereka di EMPC ini, kami juga berharap para winners terus termotivasi untuk konsisten berkarya dan menjadi contoh bagi produser muda lainnya," tutur Arry.

Melalui Electronic Music Producer Contest, ICEPERIENCE.ID ingin terus menjaga ekosistem musik elektronik Indonesia agar makin menonjolkan kualitas, yakni terdiri dari orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Karya yang dirilis Quicbuck sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler