Enam Kepala Negara Siap Hadiri CTI

Jumat, 17 April 2009 – 15:46 WIB
JAKARTA- Enam kepala negara dam pemerintahan yang tergabung dalam Coral Triangle Initiative (CTI) atau kawasan segitiga terumbu karang dipastikan menghadiri pertemuan puncak CTI di Manado, Sulawesi Utara, Mei 2009Penegasan tersebut diungkapkan Sekretaris Panitia Pelaksana World Ocean Conference (WOC) dan CTI Summit, Indroyono Susilo, di Jakarta.

"Perdana Menteri Malaysia Najib Razak baru saja menyampaikan konfirmasi kehadirannya, jadi seluruh kepala negara akan hadir," kata Indroyono yang sekretaris Menkokesra.

CTI adalah suatu inisiatif kawasan untuk melindungi terumbu karang di daerah yang mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Kepulauan Solomon, dan Papua Nugini.

CTI adalah inisiatif Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, yang disampaikan pertama kali dalam forum APEC di Australia, September 2007, dan memperoleh dukungan dari para pemimpin APEC.

Segitiga terumbu karang yang masuk dalam wilayah enam negara itu mencapai luas 75.000 kilometer persegi yang memiliki 500 spesies terumbu karang dan dihuni lebih dari 3000 spesies ikan.Keberadaan terumbu karang itu dikenal sebagai Amazon of The Seas karena memiliki keanekaragaman hayati paling kaya di bumi.

Terumbu karang di area tersebut juga merupakan sumber penghidupan bagi 120 juta penduduknya, tempat pemijahan ikan tuna dan sumber ekonomi regional dengan perkiraan perputaran uang mencapai 2,3 miliar dolar AS per tahun

BACA JUGA: Putusan PK Time Tak Bisa Jadi Yurisprudensi

(esy/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NTB Bakal Punya Madrasah Internasional


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler