Enam Parpol Usung Bos PSIS Yoyok Sukawi Maju di Pilkada 2024

Minggu, 28 Juli 2024 – 06:22 WIB
Deklarasi dukungan Koalisi Semarang Maju terhadap bos PSIS Yoyok Sukawi maju dalam Pilkada 2024. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Enam partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Semarang Maju mendeklarasikan dukungan terhadap Yoyok Sukawi sebagai bakal calon wali Kota Semarang di Pilkada 2024.

Koalisi itu terdiri dari Partai Demokrat, PKS, PAN, PKB, PPP, dan Partai NasDem.

BACA JUGA: Dapat Rekomendasi dari PKB, Yoyok Sukawi Makin Mantap Maju Pilwakot Semarang

Keenam parpol tersebut sepakat mengusung Bos PSIS bernama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya itu dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kota Semarang.

Dalam deklarasi dukungan itu, masing-masing ketua parpol mengutarakan alasannya mendukung Yoyok Sukawi.

BACA JUGA: Hasil Survei Jelang Pilkada Kota Semarang: Elektabilitas Hevearita Teratas, Yoyok Sukawi Mengejutkan

Satu poin yang mendasari ialah anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat itu putra daerah Kota Semarang yang memiliki darah keturunan pemimpin.

"Saya terima mandat ini untuk maju menjadi wali kota Semarang," kata Yoyok di sela deklarasi yang dilakukan di Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu malam (27/7).

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Saat ini Yoyok yang mengantongi 20 kursi dari gabungan enam parpol itu tinggal selangkah bersaing dalam Pilwakot Semarang yang akan digelar November mendatang.

"Kami masih menunggu empat partai di luar sana untuk bergabung. Saya berharap teman-teman di luar koalisi bisa bersama membangun Kota Semarang lebih maju," katanya.

Empat parpol yang dimaksud ialah Partai Gerindra, Golkar, PSI, termasuk PDI Perjuangan.

Yoyok mengaku telah melakukan berkomunikasi intens dengan keempat parpol tersebut.

"Kota Semarang sudah saatnya maju dan bermartabat. Pelayanannya harus dibersihkan dari korupsi dan pungli, harus diperbaiki dan dikembalikan prioritas kebijakan yang mengutamakan rakyat," ujarnya.

Disebut pula deklarasi dukungan terhadap Yoyok adalah pengulangan sejarah kemenangan sang ayah, Sukawi Sutarip berpasangan Machfud Ali dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota atau Pilwakot Semarang 2005 silam.

Saat itu Sukawi-Machfud unggul dengan perolehan 73 persen dari lima kandidat Pilwakot Semarang. Sukawi Sutarip hadir dalam deklarasi yang mengusung putranya tersebut.

"Mas Yoyok peringkat pertama setelah incumbent. Kami punya harapan yang besar, dia keluarga wali kota juga pasti belajar dengan bapaknya," kata Ketua PKS Kota Semarang Suharsono.

Dia menyatakan Koalisi Semarang Maju dibentuk menyesuaikan pemerintahan yang baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yakni Koalisi Indonesia Maju.

Menurutnya, koalisi ini akan menggandeng dan merangkul semua parpol tanpa terkecuali untuk memenangkan Yoyok Sukawi dalam Pilwakot Semarang.

"Tidak ada saling menjelekkan dan memusuhi. Semuanya harus membangun Kota Semarang dengan kebersamaan," paparnya.

Setelah deklarasi, Koalisi Semarang Maju akan merumuskan pemenangan sekaligus menggodok nama-nama calon wakil wali kota yang akan mendampingi Yoyok Sukawi. (mcr5/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Rumah Sakit Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Miliaran Rupiah, KPK Turun Tangan, Nah Loh


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler