Erick Thohir Dekat dengan Jokowi dan Lebih Berpotensi Ketimbang Sandiaga di 2024

Rabu, 10 Mei 2023 – 18:21 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir makin kuat diusung sebagai Cawapres. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Budayawan Made Putrawan menilai Menteri BUMN Erick Thohir sangat berpotensi maju sebagai cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, peluang Erick yang juga Ketua Umum PSSI itu lebih besar ketimbang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Elektabilitas Erick Thohir Meroket, Libas Tokoh-Tokoh Lama di Bursa Cawapres

Dia menyebut secara head to head, Erick dan Sandiaga memiliki kemiripan sebagai cawapres, namun terdapat satu faktor pembeda yakni kedekatan dengan king maker, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Menurut naluri saya yang lebih cepat untuk diusung menjadi calon wakil presiden adalah Pak Erick Thohir. Namun Pak Erick Thohir akan menunggu persetujuan dari Presiden Jokowi karena masih sebagai Menteri BUMN dan beliau juga memiliki hubungan dekat,” ujar Made dalam tayangan video YouTube Mr Puisi, Rabu (10/5).

BACA JUGA: Nama Erick Thohir Bertengger di Posisi Pertama Bacawapres

Hubungan Presiden Jokowi dengan Erick Thohir memang sangat dekat. Terbukti Eks Presiden Inter Milan itu berkali-kali mengemban tugas strategis dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Tugas strategis itu pun masuk dalam ranah profesional maupun personal. Di ranah profesional Erick Thohir berhasil menjalankan amanah untuk mentransformasi dan membersihkan Kementerian BUMN.

BACA JUGA: SPIN: Erick Thohir Cawapres dari NU dengan Elektabilitas Tertinggi

Dalam hal tersebut ia berhasil melakukan holdingisasi perusahaan-perusahaan BUMN dari berjumlah ratusan hingga kini menjadi 43 perusahaan.

Kemudian dalam bersih-bersih perusahaan BUMN, Erick Thohir berhasil mengungkap kasus korupsi seperti Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast, dan PLN Indonesia.

Dari kerja nyata ini Erick Thohir mampu meningkatkan laba Kementerian BUMN secara konsisten setiap tahun yakni dari Rp 13 triliun di 2020 menjadi Rp 240 triliun pada 2022.

Erick juga berhasil mencatatkan rekor dividen terbesar sepanjang masa kepada negara yakni berjumlah Rp 80,2 triliun.

Selain itu, Erick Thohir juga menyelesaikan penugasan dari Presiden Jokowi dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam hal penanggulangan pandemi, pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi itu berhasil memproduksi vaksin sendiri yang diberi nama IndoVac.

Dalam hal pemulihan ekonomi nasional Erick Thohir menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur untuk menopang keberlangsungan dari tulang punggung ekonomi Indonesia yakni sektor UMKM.

Sementara itu, dalam ranah personal, Erick Thohir merupakan pemimpin yang menyukseskan acara pernikahan anak Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep di Kota Solo pada 2022 lalu.

Maka dari itu, Made melihat Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi sehingga potensial untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang sebagai cawapres.

Selain itu, Erick Thohir juga memiliki peluang terbuka untuk diusung sebagai pendamping Ganjar Pranowo atupun Prabowo Subianto.

Sedangkan Sandiaga Uno hanya memiliki pilihan bersanding dengan Ganjar Pranowo, sedangkan kecil kemungkinan bersanding dengan Prabow Subianto ataupun Anies Baswedan.

“Pak Erick Thohir juga cocok berpasangan dengan Prabowo Subianto tetapi bisa juga dengan Pak Ganjar Pranowo,” pungkas Made. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Jadi Incaran Parpol


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler