SPIN: Erick Thohir Cawapres dari NU dengan Elektabilitas Tertinggi

Selasa, 09 Mei 2023 – 19:28 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir makin kuat diusung sebagai CawapresFoto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil temuan terbaru dari lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam bursa bacawapres dengan elektabilitas sebesar 18,2 persen.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengatakan elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan dari hasil survei terakhir pada bulan Februari lalu.

BACA JUGA: Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Jadi Incaran Parpol

Angka elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan sebesar 1,1 persen dan dari posisi kedua naik menjadi pemuncak bursa bacawapres versi SPIN.

Sebelumnya elektabilitas bacawpres Erick Thohir berada di angka 17,1 persen dan berada di posisi kedua di belakang Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Erick Thohir dapat Kritik Pedas, Dinilai Gagal Urus BUMN

Kini, Erick berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 18,2 persen dan berada di atas Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono serta Ridwan Kamil yang tersungkur di posisi ketiga.

"Tren Erick Thohir menaik dilihat dari survei Februari 2023 lalu, demikian juga AHY. Sementara Ridwan Kamil menunjukkan tren menurun," ujar Igor saat memaparkan laporan hasil survei SPIN periode 27 April hingga 4 Mei 2023.

BACA JUGA: Elektabilitas Erick Thohir Tertinggi di Sejumlah Lembaga Survei

Sedangkan kader NU lainnya, yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Menkopolhukam Mahfud MD dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berada di belakang Erick Thohir pada bursa bacawapres.

Khofifah masuk dalam lima besar dengan elektabilitas sebesar 10,3 persen dan bersaing dengan Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 10,5 persen.

"Ridwan Kamil harus bertarung ketat dengan Khofifah yang menguat untuk masuk ke tempat ke tiga,” tutur Igor.

Sementara itu, Mahfud MD yang santer diberitakan akan maju sebagai cawapres bertengger di posisi ketujuh. Dari hasil survei SPIN, ia memiliki elektabilitas sebesar 4,8 persen.

Terakhir, ada Cak Imin yang berada di posisi buncit di antara kader NU lainnya yakni di posisi 11.

Cak Imin mendapatkan angka elektabilitas sebesar 2,3 persen setelah dilakukan survei oleh SPIN.

Dari hasil survei tersebut, Erick Thohir menjadi kader NU yang memiliki elektabilitas tertinggi dalam bursa bacawapres pada Pilpres 2024 mendatang versi SPIN.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler