Erick Thohir Dinilai Tak Layak Masuk Kabinet Prabowo

Minggu, 13 Oktober 2024 – 16:21 WIB
Menteri BUMN Menteri Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudistira menilai Erick Thohir tidak pantas untuk kembali menjabat menteri pada pemerintahan Prabowo Subianto.

Saat ini, Erick masih menjabat Menteri BUMN pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.

BACA JUGA: Prabowo Temui Jokowi di Sumber Solo

"Erick sepertinya tidak layak jadi Menteri di era Prabowo, karena terlalu banyak PR (pekerjaan rumah, red) yang ditinggalkan," kata Bhima kepada awak media dikutip Minggu (13/10).

Dia beralasan Erick selama menjabat menteri tidak bisa menyelesaikan masalah keuangan di BUMN karya atau terkait infrastruktur.

BACA JUGA: Papua Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Ini Harapan Warga untuk Prabowo

"Erick Thohir masih dipandang gagal dalam menyelesaikan masalah keuangan di BUMN yang terkait dengan infrastruktur," kata Bhima.

Dia kemudian mengungkapkan total kerugian PT. Waskita Karya yang menjadi BUMN sektor infrastruktur, menembus Rp 2,15 triliun pada semester I 2024.

BACA JUGA: Prabowo Punya Makan Bergizi Gratis, Ahmad Ali-AKA Siapkan Perlengkapan Sekolahnya

"Diikuti oleh BUMN karya lain yang bleeding (berdarah, red) karena besarnya beban utang," ujar Bhima. 

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga mengatakan Erick tidak bisa bersikap pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Bhima mengatakan BUMN karya atau terkait infrastruktur mengalami kerugian akibat Erick tidak bisa mengerem pembuatan kereta cepat.

"Jadi, Menteri BUMN ini (Erick, red) seperti Yes Man, sudah tahu proyek dipaksakan, tetapi tidak berani untuk rem dan yang dikorbankan bukan hanya keuangan BUMN, tetapi APBN melalui risiko kontijensi," ujarnya.

Bhima juga mempertanyakan strategi holding BUMN yang dilakukan Erick Thohir yang pada akhirnya membuat perusahaan pelat merah sektor semen juga terpuruk ketika infrastruktur marak.

Dari segala kekurangan tadi, Bhima menilai Erick tidak layak kembali masuk kabinet pemerintahan Prabowo periode 2024-2029. 

"Jadi, ada disconnecting antara ramainya pembangunan dengan BUMN semen, kemudian di holding farmasi kondisi tidak kalah buruknya. Anak usaha holding farmasi, Indofarma misalnya terjebak pinjol dan fraud," ungkap Bhima. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri Erick Hadiri Groundbreaking Mandiri Financial Centre di PIK 2


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler