Erick Thohir Konkret Membuka Lapangan Kerja dan jadi Cawapres Potensial

Minggu, 11 Juni 2023 – 17:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir makin kuat diusung sebagai CawapresFoto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terus menguat menjadi figur bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Salah satu menteri yang dipercayai dan diandalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terus melakukan langkah konkret untuk memajukan masyarakat di tanah air.

BACA JUGA: Erick Thohir jadi Cawapres Terkuat dengan Rekam Jejak Baik Tak Terbantahkan

Pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Haryadi mengatakan momentum dan posisi Erick Thohir saat ini memiliki nilai elektoral tinggi.

Hal tersebut dikarenakan, eks Presiden Inter Milan itu berhasil mengakomodir kebutuhan masyarakat seperti menyediakan lapangan pekerjaan secara besar-besaran.

BACA JUGA: Dinilai Berhasil Mengemban Amanah, Erick Thohir Layak jadi Cawapres

"Masyarakat mengingat makin sulitnya mencari pekerjaan dan maraknya PHK, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN yang mana ada kebijakan membuka lowongan pekerjaan besar-besaran, tentu menjadi kepedulian dirinya," ujar Ade dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (11/6).

Erick Thohir terus membuka lowongan pekerjaan besar-besaran di Kementrian BUMN, banyak masyarakat sangat antusias mendaftar dan mempelajari test rekrutmen untuk bisa lolos.

BACA JUGA: Tak Berafiliasi dengan Parpol, Erick Thohir Makin Kuat di Bursa Cawapres

Dibuktikan pada 2022, ada 1,2 juta orang anak muda mendaftar dan mengikuti rekrutmen tersebut.

Dalam rincian, Kementerian BUMN telah menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 45 juta orang di luar sektor formal, yang meliputi 32,1 juta nasabah kredit usaha rakyat BRI, 12,7 juta pekerja sektor UMKM di PNM Mekaar, hingga 439.000 tenaga kerja penggarap hutan desa.

Selain itu, Kementerian BUMN juga membuka 163.761 lapangan pekerjaan bagi petani yang tergabung di Program Makmur, 210.00 petani program kemitraan PTPN, hingga 270.000 tenaga kerja informal yang terserap dan tersebar di Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, PT Freeport Indonesia, PT Pertamina (Persero) dan PT Bukit Asam.

"Dalam konteks Pilpres 2024, Erick Thohir bisa saja mengklaim hal itu sebagai prestasi politik dan berdampak secara elektoral jika dikemas dengan baik," pungkas Ade. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duet Ganjar-Erick Dinilai Layak Maju di Pilpres 2024


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler