Erick Thohir: Proses Naturaliasi Pemain Keturunan di Piala Dunia U-20 Tengah Diurus

Senin, 06 Maret 2023 – 23:32 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan para pendukung Persebaya Surabaya, Bonek di Warkop Pitulikur, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (3/3) malam. Foto: Dok. Tim Erick Thohir

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan proses naturalisasi beberapa pemain keturunan Belanda-Indonesia untuk Piala Dunia U-20 tengah berjalan.

Pria kelahiran 30 Mei 1970 itu menyebut butuh kesabaran mengurus proses perpindahan kewarganegaraan mengingat DPR juga tengah reses.

BACA JUGA: Piala Dunia U-20, Pengamat: Momentum Bagi Erick Thohir Bawa Timnas Berprestasi

Tidak heran Erick mengingatkan publik sepak bola Tanah Air untuk bersabar menanti proses naturalisasi beberapa pesepak bola keturunan Indonesia.

"Prosesnya semua tengah diurus, harus bersabar dan prosesnya masih panjang."

BACA JUGA: Erick Thohir Sebut 2 Venue Piala Dunia U-20 2023 Terancam Dicoret FIFA, Kenapa?

"Saat ini DPR juga masih reses dan baru masuk 12 Maret mendatang. Saya berharap publik sabar," ungkap mantan Ketua Umum Perbasi periode 2004–2006 itu saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (6/3/2023) malam WIB.

Erick sendiri tidak ingin mengambil langkah terburu-buru mengingat hal ini menyangkut urusan negara.

BACA JUGA: Menpora Amali Sebut Ada 4 Kota Tambahan Tur Trofi Piala Dunia U-20 2023

Tidak heran Menteri BUMN itu lebih meminta publik pencinta sepak bola Indonesia untuk sabar menunggu proses yang dilakukan.

"Kami tidak ingin mengambil langkah yang salah dengan memberikan dokumen-dokumen seperti kartu tanda penduduk hingga paspor sembarangan."

"Hal ini menyangkut negara dan rasanya tidak pas dan lebih baik menunggu prosesnya berjalan," tambah pria yang juga anggota kehormatan organisasi sayap NU, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) itu.

Untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 mendatang, tiga pemain berdarah Belanda-Indonesia yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick saat ini tampaknya akan diurus perpindahan kewarganegaraannya.

Publik tengah mempertanyakan keseriusan PSSI untuk mengurus pemain keturunan tersebut mengingat Justin Hubner saat ini dipanggil Timnas Belanda U-20.

Pemain asal klub Wolverhampton Wanderers U-21 itu dipanggil federasi sepak bola Belanda untuk bermain bersama tim De Oranje U-20 melawan Prancis.

Menarik mengikuti perkembangan para pemain keturunan Indonesia mengingat pelatih Shin Tae Yong butuh ketiganya untuk melengkapi skuad Garuda yang akan tampil di Piala Dunia U-20.

Ajang Piala Dunia U-20 sendiri akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Rencananya ada enam kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Sumatera Selatan, Solo, hingga Bali yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler