Erick Thohir: PSSI Dapat USD 5,6 Juta dari FIFA

Rabu, 08 Maret 2023 – 16:40 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengatakan PSSI mendapatkan dana sebesar USD 5,6 juta (sekitar Rp 86,5 miliar) dari FIFA.

Erick menjelaskan bahwa dana sebesar itu diperuntukkan bagi pengembangan sepak bola nasional, termasuk di dalamnya membantu pembangunan tempat pelatihan (training camp).

BACA JUGA: Erick Thohir Sebut 2 Venue Piala Dunia U-20 2023 Terancam Dicoret FIFA, Kenapa?

"FIFA mempunyai program 'Forward 3.0'. Program itu mengharapkan kompetisi di negara termasuk pembinaan harus berjalan. Melalui program tersebut kita juga mendapatkan berkah membangun 'training camp' yang dibantu oleh FIFA senilai 5,6 juta dolar AS," ujar Erick Thohir seusai acara peluncuran produk resmi Piala Dunia U-20 2023 di Jakarta, Rabu (8/3).

FIFA Forward 3.0 merupakan kebijakan yang baru diluncurkan FIFA pada Januari 2023.

BACA JUGA: Doktor Erick Thohir

Tujuan program tersebut ialah untuk menyediakan pendanaan yang komprehensif bagi pengembangan sepak bola di seluruh dunia.

Melalui FIFA Forward 3.0, FIFA ingin agar seluruh asosiasi anggotanya, yang bernaung di lima konfederasi, mampu meningkatkan kualitas persepakbolaan mereka sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain.

BACA JUGA: Eks Asprov PSSI Jabar Beberkan Kontribusi Iwan Bule di Sepak Bola Indonesia

FIFA menyebut. bahwa FIFA Forward 3.0 akan diterapkan sampai akhir 2026. Terkait dengan itu, FIFA memberikan tiga insentif untuk masing-masing asosiasi anggotanya, yakni, pertama, dana senilai USD 5 juta (sekitar Rp 77 miliar) untuk menutupi operasional yang berhubungan dengan sepak bola.

Kedua, uang tambahan USD 3 juta (sekitar Rp 46 miliar) untuk menjalankan proyek spesifik yang direncanakan dengan baik dengan tujuan pengembangan sepak bola jangka panjang.

Terakhir, untuk asosiasi anggota yang dinilai sangat membutuhkan, FIFA menyalurkan lagi dana USD 1,2 juta (sekitar Rp 18,5 miliar) untuk menutupi biaya perjalanan dan akomodasi tim nasional mereka serta pembelian perlengkapan sepak bola.

Menurut Erick Thohir, di PSSI, dana dari FIFA Forward 3.0 akan disalurkan ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk membantu program pembinaan dan kompetisi di wilayah mereka. "Pembinaan yang mereka lakukan nanti dinilai oleh FIFA," kata pria yang juga menteri BUMN itu.

Demi menyelaraskan visi dan mengetahui kebutuhan Asprov PSSI, juga klub-klub Liga 3 Indonesia, Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan sarasehan seperti Sarasehan Sepak Bola yang diikuti tim-tim Liga 1 dan Liga 2 pada Sabtu (4/3) di Surabaya, Jawa Timur.

"Fungsi sarasehan adalah mendengarkan saran-saran bukan mengambil keputusan. Kami mau melihat apa yang diinginkan insan sepak bola dan merajutnya menjadi kebijakan," tutur Erick Thohir. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler