Zamora, Calon Penyerang Baru Inggris

Telat Bersinar, Nistelrooy Ikut Beri Rekomendasi

Sabtu, 24 April 2010 – 05:41 WIB
Foto: Getty Images.
LONDON - Musim ini Bobby Zamora tampil gemilang bersama FulhamNamun, sebelum bersinar musim ini, dia sempat harus melalui jalan berliku, serta membela tim kasta ketiga Liga Inggris

BACA JUGA: Alves Siap Bersaing dengan Maicon

Kini dia mengetuk pintu timnas Inggris.

Lolosnya Fulham ke semifinal Europa League cukup mengejutkan
Pasalnya, lawan-lawan yang mereka singkirkan terbilang memiliki reputasi hebat

BACA JUGA: Ribery dan Skandal Seks di Prancis

Terutama di babak knock-out
Mulai dari jawara Piala UEFA musim lalu Shakhtar Donetsk, Juventus, hingga Wolfsburg.

Selain kejelian Roy Hodgson sebagai manajer, faktor apa yang bikin Fulham tampil perkasa di Europa League? Bila striker Hamburg, Ruud van Nistelrooy yang diminta menjawab pertanyaan tersebut, maka jawabannya adalah Bobby Zamora.

Pujian Nistelrooy itu dilontarkan jelang bentrok Hamburg melawan Fulham pada first leg semifinal Europa League kemarin dinihari

BACA JUGA: Prandelli Membantah Bakal Latih Azzurri

Zamora dianggap sebagai sosok kunci permainan The Cottagers (julukan Fulham) musim ini.

"Lihat saja, dia mampu mencetak gol saat melawan Shakhtar, Juve dan WolfsburgDia pemain yang bisa menguasai bola dengan baik, sosok pemain tim, pekerja keras, dan dia bisa bermain pada semua posisi di lini depan," puji Nistelrooy, seperti dikutip Soccernet.

Tanpa ragu, mantan striker Manchester United dan Real Madrid itu pun merekomendasikan kepada pelatih timnas Inggris Fabio Capello, agar mau memanggil Zamora ke timnas InggrisDengan performa di musim ini katanya, Zamora pantas bermain di Piala Dunia 2010.

Kebetulan, Capello masih kesulitan mencari tandem yang tepat bagi Wayne Rooney di lini depanTactician asal Italia tersebut sempat menjajal Jermain Defoe, Peter Crouch, Emile Heskey, hingga Darren BentTapi, sejauh ini belum ada yang benar-benar pas.

"Pikiran tentang Bobby sekarang bukan hanya dapat mencetak gol melawan siapa sajaDia sudah bisa menghadapi lawan kelas internasionalSangat tidak fair bila ada anggapan bahwa dia kurang layak tampil dalam even lebih besar," kata Roy Hodgson, manajer Fulham.

Zamora saat ini berbeda jauh dengan sosoknya beberapa musim laluDi musim terakhirnya bersama West Ham United pada 2007-2008, dia punya catatan kegagalan 78 persen dalam melepas tembakan ke gawangMusim lalu di Fulham, catatan itu turun menjadi 65 persen.

Tapi, sekarang berbedaPublik sudah mulai membicarakan peluangnya untuk tampil di Piala Dunia 2010Memang, di usia yang sudah menjelang 30 tahun itu, cukup telat baginya memulai debut di timnasNamun, itu bukan alasan.

Inilah pencapaian hebat bagi ZamoraPemain yang melewati masa juniornya bersama-sama dengan John Terry, Ledley King, Jlloyd Samuel dan Paul Konchesky di Akademi West HamHanya saja, dia harus melalui karir lumayan berliku.

Dia tidak langsung mendapat kesempatan di West HamPenyerang yang pernah membela timnas Inggris U-21 tersebut lebih dahulu membela tim kasta rendah di Liga InggrisDia sempat membela Bristol Rovers, Bath City, serta bersinar di Brighton & Hove Albion.

Saat berusia 22 tahun, dia kembali bermain di Premier League untuk membela Tottenham Hotspur, tapi sepanjang musim hanya menghabiskan waktu sebagai pemain penggantiSetahun berikutnya, pada 2003, Zamora dibeli West Ham.

Saat ini, Zamora sudah menjadi andalan FulhamTak heran, tatkala dia mengalami cedera, kemarin dinihari, Hodgson langsung merasa khawatirMereka takut Zamora tidak bisa tampil pada second leg Europa League melawan Hamburg pada 29 April nanti(ham/ito/jpnn)

----------
DATA DIRI
Nama lengkap: Robert Lester Zamora
Lahir: Barking, 16 Januari 1981
Tinggi: 183 cm
Posisi: Striker
Karir:
-1999-2000 - Bristol Rovers                                       - 4 laga   
-2000            - Bath City (pinjaman)                           - 5 (7 gol)
-2000            - Brighton & Hove Albion (pinjaman)  - 6 (6)
-2000-2003 - Brighton & Hove Albion                       - 119 (70)
-2003-2004 - Tottenham Hotspur                              - 16 (0)
-2004-2008 - West Ham United                                 - 130 (30)
-2008-           - Fulham                                                   - 62 (10)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sold Out Untuk Partai Pembuka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler