Evan Dimas Cs Belum Sepenuhnya Aman

Sabtu, 12 Oktober 2013 – 14:01 WIB


JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 harus memenangi pertandingan melawan Korea Selatan (Korsel)  pada laga terakhir, kualifikasi Piala Asia U-19 Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Sabtu (12/10) malam (kick off pukul 19.30 WIB). Jika hanya seri atau kalah, maka Indonesia dipastikan berada di posisi runner up dan harus bersaing dengan peringkat kedua di grup lainnya.

Di babak kualifikasi ini, AFC membagi ke dalam sembilan grup. Juara grup akan otomatis lolos, sedangkan enam runner up terbaik bakal mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia U-19 tahun depan di Myanmar. Satu tiket lain sudah diperoleh Myanmar selaku tuan rumah.

BACA JUGA: Pedrosa Hat-Trick di Latihan Bebas Malaysia

Persoalannya, tidak semua grup punya jumlah peserta yang sama.  Di grup A misalnya, diisi oleh lima negara. Sementara di grup E hanya diisi 3 peserta.

Berdasarkan regulasi AFC, hasil pertandingan tim terbawah akan dihapus karena di Grup E hanya diisi tiga peserta. Sedangkan di grup A, diisi Qatar, Uzbekistan, India, Turkmenistan dan Nepal. Karenanya hasil pertandingan dua tim terbawah di Grup A, yakni Turkmenistan dan Nepal akan dihapus. Dengan demikian  Qatar, Uzbekistan, India dihitung memainkan dua pertandingan.

BACA JUGA: Oezil Kritik Balik Presiden Real Madrid

Hal yang sama juga terjadi di grup G yang diisi Korsel, Indonesia, Filipina dan Laos. Hasil pertandingan juru kunci (diperebutkan Filipina dan Laos)  akan dihapus. Sehingga Indonesia hanya dihitung memainkan dua laga.

Jika merujuk pada regulasi ini maka untuk sementara Indonesia berada di urutan kelima sebagai runner up terbaik dan berhak lolos ke Piala Asia U-19. Namun, posisi Indonesia belum aman karena semua grup (kecuali F) akan memainkan pertandingan terakhir hari ini.

BACA JUGA: Hadapi Indonesia, Korsel Sudah Siap Adu Cepat

Selain laga di grup lain, nasib Indonesia juga bisa ditentukan pertandingan Filipina vs Laos jika Indonesia gagal mengalahkan Korsel. Jika Laos memenangkan pertandingan maka berdasarkan regulasi, hasil pertandingan Filipina akan dihapus. Dengan demikian tabungan empat gol Indonesia atas Laos tidak dihilangkan.

Tapi jika Filipina menang atau minimal seri, maka Laos yang akan menjadi juru kunci. Akibatnya, semua hasil pertandingan melawan Laos dihapus dan tabungan empat gol Indonesia akan lenyap.(abu/jpnn)


Posisi Runner Up Terbaik Sementara:
Tim                             Main     M      S     K     MG     KG     SG     Poin
Australia                          2       1       0     1        8        5       +3        3
Uzbekistan                      1       1       0     0        3        0       +3        3
Thailand                          1       1       0     0        3        0       +3        3
Tiongkok                         1       1        0    0        3         1       +2       3
Indonesia                        1      1         0    0        2         0       +2       3
Arab Saudi                      1      1         0    0       2          1       +1       3
Yaman                             2      1         0    1       3          3        0        3
Bangladesh                     2      1         0    1       1          6       −5       3
Palestina                         1      0         0     1      0          1       −1       0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marquez Harus Lebih Konsisten Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler