F1 Vietnam Cuma Rumor

Senin, 27 Desember 2010 – 13:19 WIB
HANOI - Niat Vietnam untuk menjadi bagian dari Formula 1 masih jauh dari kenyataanRumor yang santer beredar bahwa Vietnam segera masuk ke kalender F1 ternyata hanya spekulasi

BACA JUGA: Saksi Mata: Tewas karena Rebutan Tiket

Vietnam disebut masih jauh belum menujukkan kesiapannya untuk menggelar balapan jet darat.

Hal tersebut terungkap dari pernyataan Penasihat sirkuit Federasi Otomotif Internasional (FIA), Hans Geist
Sebelumnya, berkembang isu kunjungan Geist ke Vietnam akan bertemu dengan sejumlah tokoh otomotif di negara tersebut

BACA JUGA: Hatta Rajasa: Timnas Akan Balas 4-0

Geist yang merupakan mantan Direktur A1 Ring dan Sirkuit Bahrain, dikabarkan telah berkonsultasi dengan sejumlah investor untuk membangun sirkuit internasional standar F1.

Vietnam memang sedang berbenah untuk mewujudkan impian tersebut
Kabarnya, sebuah sirkuit dengan standar F1 akan dibangun di daerah Nha Trang, 200 mil dari kota terbesar di Vietnam, Ho Chi Minh

BACA JUGA: Ancaman Hengkang Pemain

Namun, rumor itu ditampik oleh Geist.

"Tugas saya biasanya untuk menginformasikan pada pihak-pihak yang tertarik mengenai F1 dan apa yang dibutuhkan untuk membangun sirkuit standar FIA, F1 dan mengorganisasi sebuah grand prix," ujar Geist seperti dilansir Autosport.

"Saya bisa mengatakan semua pertemuan saya di sini mungkin hanya sepuluh persen membahas konsep yang seriusDi Vietnam, tugas saya murni hanya memberikan informas," lanjutnya.

Vietnam memang digadang-gadang menjadi negara Asia tenggara ketiga yang berada di kalender F1Mereka akan menyusul Malaysia dan Singapura yang sudah lebih dulu menggelar balapan F1.

Sebelumnya Geist, telah mengajukan proposal proyek bernilai  USD150 juta kepada kementerian perencanaan dan investasi terkait hal tersebutProposal tersebut rencananya digunakan untuk pembangunan sirkuit"Dinamika ekonomi dan potensi pariwisata Vietnam merupakan alasan yang bagus untuk membangun sebuah sirkuit di sini," papar Geist saat itu.

Meski begitu, dia tidak menjelaskan kapan kira-kira proposal tersebut bakal disetujuiNamun, dilaporkan kalau pembangunan lintasan akan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun"F1 dengan lebih dari 200 partner kerja  global akan menjadi jaminan komunikasi bisnis profesional untuk Vietnam dan pengakuan internasionalnya," urai Geist.

"Ini pastinya akan memberi rangsangan ekonomi, pariwisata dan infrastruktur Vietnam," terang GeistMusim depan, balapan F1 sendiri sudah bertambah satu seri dengan masuknya India sebagai tuan rumah.

Selain itu, Geist kemudian menegaskan rencana pembangunan sirkuit F1 di Moskow, Rusia, tertunda karena krisis ekonomiDia mengharapkan sirkuit selesai pada 2012Jika tidak, rencana untuk menggelar balapan di negeri itu akan menguap begitu saja"Lintasan Sirkuit baru 50 persen siapSaya bisa katakan, kami akan buka sirkuit pada 2012," papar Geist(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yang Tewas Diduga Pemulung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler