Face Matching System dan Liveness Check Tutup Celah Pemalsuan Absensi Karyawan

Senin, 25 Juli 2022 – 11:45 WIB
Face Matching System dan Liveness Check Tutup Celah Pemalsuan Absensi Karyawan. Foto: GreatDay HR

jpnn.com, JAKARTA - GreatDay HR, aplikasi manajemen SDM meningkatkan fitur Attendance dengan menambahkan Face Matching System (FSM) dan Liveness Check di pertengahan 2022.

Face Matching System dan Liveness Check dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan data absensi palsu karyawan di perusahaan.

BACA JUGA: GreatDay HR Luncurkan Benefits, Platform yang Hindarkan Karyawan dari Risiko Pinjaman

FMS mampu mendeteksi dan menghindari risiko pemalsuan, serta manipulasi data kehadiran dengan tingkat akurasi hingga 98%.

Founder dan CEO GreatDay HR Gordon Enns mengatakan lebih dari 80% absensi palsu karena 90% pengisiannya secara manual, terutama pegawai negeri sipil (PNS).

BACA JUGA: Aplikasi GreatDay HR, Cocok untuk Perusahaan yang Menerapkan WFH

"Aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi kasus absensi palsu dan tidak ada celah untuk pemalsuan," kata Gordon Ems dalam keterangan tertulis, Senin (25/7).

GreatDay HR optimistis penambahan sistem Face Matching dan Liveness Check ini menjadi solusi dan pencegahan terjadinya manipulasi hingga pemalsuan data kehadiran pegawai.

BACA JUGA: Ini Manfaat Absensi Android dalam Penggajian dan Pembuatan Laporan Slip Gaji Karyawan

Dengan memanfaatkan layanan/provider SaaS dan AWS, sistem Face Matching mampu mendeteksi fitur wajah karyawan secara otomatis, stabil, dan cepat.

Sistem Liveness Check berfungsi untuk memastikan bahwa foto yang diambil pada saat rekam kehadiran adalah real-time.

FMS dan Liveness Check ini menjadi pelengkap sistem GPS Tracking yang telah lebih dulu dikembangkan di dalam fitur Attendance.

GPS Tracking sendiri berfungsi untuk menjamin keakuratan absensi melalui koordinat lokasi di mana rekam kehadiran dilakukan.

"Face Matching ini dirancang untuk mengawasi dan menjamin keaslian absensi karyawan. Sistem Liveness Check dan Face Matching menjamin bahwa absensi yang direkam adalah aktual dan akurat, tanpa adanya manipulasi," jelasnya.

Layanan Face Matching System dan Liveness Check ini bisa didapatkan dengan penambahan biaya sebesar Rp 2.000/karyawan per bulan dari harga paket berlangganan aplikasi GreatDay HR. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler