Fadel Muhammad Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan

Kamis, 11 November 2021 – 17:07 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat menghadiri acara panen raya jagung di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (10/11). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BENGKULU SELATAN - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menghadiri acara panen raya dan penanaman benih jagung di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (10/11).

Dia menilai Bengkulu Selatan merupakan salah satu daerah yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya dengan terus fokus meningkatkan komoditas pangan, seperti padi dan jagung.

BACA JUGA: 3 Khasiat Jagung, Bikin Wanita Tak Berdaya

"Saya sangat antusias begitu diundang untuk hadir dalam panen raya jagung di Bengkulu Selatan ini. Saya lihat tanahnya sangat subur. Cocok untuk menanam jagung seperti di Gorontalo," kata Fadel yang juga Ketua Dewan Jagung Nasional melalui keterangan yang diterima Kamis (11/11).

Komoditas pangan khas daerah sangat ditekankan Fadel, karena di era modernitas saat ini daerah mesti memiliki branding atau merek yang kuat untuk memaksimalkan potensi ekonominya di tingkat nasional dan global.

BACA JUGA: Ada Kabar Baik soal Jagung, Semoga Peternak Rakyat Girang

"Branding sangat penting. Sebab, ketika orang menyebut produknya mereka akan langsung ingat daerahnya. Contohnya ketika menyebut jagung langsung teringat Gorontalo dan lainnya," kata mantan Gubernur Gorontalo itu.

Fadel menyampaikan setelah ada branding yang kuat, langkah selanjutnya adalah membantu petani mendapatkan akses kredit untuk modal yang meringankan.

BACA JUGA: Anggota DPR Ingin Lahan di Kawasan Danau Toba Dimaksimalkan untuk Produksi Jagung

Kemudian membantu petani dalam penyediaan bibit, pupuk, dan penyuluhan.

Dukungan lainnya yang diperlukan adalah membantu pemasaran produk petani.

Menurutnya, di sini pemda harus ikut campur soal harga pasar yang menguntungkan petani.

"Jika harga bagus stabil, maka petani akan semangat terus," ucapnya.

Selain itu, pemda mesti memberikan insentif tunai kepada perangkat daerah seperti kepala dinas, camat, lurah, kepala desa yang mampu menaikkan produksi dan pemasaran produk daerahnya.

"Hal itu sudah saya lakukan saat saya menjabat Gubernur Gorontalo dan itu berhasil menaikkan produksi jagung, sehingga menurunkan tingkat kemiskinan dari 40 persen menjadi 17 persen," ungkapnya.

Fadel mendukung dan mendorong setiap kepala daerah di Indonesia untuk meningkatkan potensi daerahnya sehingga menjadi branding yang melekat kuat.

"Namun, ini akan berhasil jika semua bersinergi baik petani dan pemerintah daerah serta didukung pemerintah pusat. Saya berharap semua menyadari ini dan menjalankannya untuk Indonesia maju sejahtera," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Fadel secara simbolik menyerahkan bantuan bibit jagung dan padi serta beberapa unit mesin pertanian dari Kementan kepada petani.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman benih jagung di area lahan yang sudah disediakan dan menyaksikan panen raya jagung oleh masyarakat.

Di sesi akhir, bersama tamu kehormatan lainnya, Fadel Muhammad berkeliling mendatangi stan-stan para kelompok tani di seputar Bengkulu Selatan yang menampilkan produk-produk unggulan seperti padi, buah-buahan, sayuran, madu, dan berbagai aneka pangan olahan.

Kehadiran Fadel Muhammad di acara panen raya menjadi kejutan tersendiri bagi masyarakat dan petani.

Mereka berharap hadirnya pimpinan MPR tersebut akan membawa semangat baru buat daerah.

"Kami semua sangat berterima kasih atas kedatangan beliau. Semua yang Bapak Fadel sampaikan sangat bermanfaat serta mendorong kami untuk berupaya lebih keras dan lebih baik lagi, hari ini juga ke depannya," ujar Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler