Fahri Hamzah: Parpol Gagal, Fungsi Representasi Juga Gagal

Kamis, 02 Juni 2016 – 22:50 WIB
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - SEMARANG – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyatakan peran partai politik dalam sistem demokrasi sangat penting. Karena itu, perbaikan dan penguatan internal partai politik dengan sendirinya menjadi penting dan strategis.

“Kalau partai politik tidak diperkuat, akan muncul frustasi dari rakyat yang memiliki pandangan berakhirnya otoritarianisme tidak membuat rakyat menjadi lebih baik,” kata Fahri Hamzah saat menjadi keynote speaker dalam International Conference and Congress on Political Science Development (ICCOPSD), Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/6).

BACA JUGA: Tahu Kan, Kebijakan Pemerintah Sudah Makan Banyak Korban?

Dalam sistem demokrasi di Indonesia, lanjut anggota DPR dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, partai politik adalah medium untuk menyalurkan aspirasi rakyat. Partai politik gagal, maka fungsi representasi yang ada juga gagal.

“Jika itu terjadi, rakyat frustrasi dan semakin tidak percaya kepada partai politik. Kondisi tersebut sudah masuk dalam fase kegagalan dalam berdemokrasi. Kalau frustasi ini berkembang dan rakyat memiliki pandangan bahwa partai politik tidak lagi penting, maka kita sudah memasuki fase kegagalan dalam demokrasi," tegas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

BACA JUGA: KPK Didesak Tuntaskan Kasus Mangkrak Ini

Oleh karena itu, Fahri berharap kepada ilmuan politik untuk mampu menemukan rekomendasi sebagai warning. Ia beralasan jika pemimpin partai politik gagal melakukan konsolidasi maka akan berdampak pada gagalnya demokrasi secara keseluruhan.(fas/jpnn)

BACA JUGA: Jaring Divers Taiwan, Kemenpar Eksis di Taipei Flora Expo

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menurut Menpar, Hong Kong Itu Strategis Bagi Wonderful Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler