Faida Sosok Perempuan yang Diinginkan Warga Untuk Memimpin Jember

Selasa, 18 Juni 2024 – 05:38 WIB
Mantan Bupati Jember Faida. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JEMBER - Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei terbaru jelang pelaksanaan Pilkada Jember 2024. Dari survei itu ada tiga tokoh yang elektabilitasnya bersaing ketat.

Ketiganya adalah Faida mantan Bupati Jember 2016-2021,
Muhammad Fawait anggota DPRD Jatim , dan Hendy Siswanto Bupati Jember petahana.

BACA JUGA: Elektabilitas Faida Makin Tinggi Jelang Pilkada Jember

Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo mengatakan dari hasil penelitian mereka tingkat elektabilitas Faida menjadi yang tertinggi tingkat dibandingkan Hendy Siswanto dan Muhammad Fawait

“Survei TBRC bertujuan untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tingkat elektabilitas tokoh calon bupati Jember di Pilkada 2024 ini dan dilakukan sejak 30 Mei -10 Juni 2024,” kata dia dalam siaran persnya, Seni. (17/6).

BACA JUGA: Survei LKPI: Faida Berpeluang Menang di Pilbup Jember 2024

Adapun survei dilakukan terhadap 1.660 responden yang tersebar secara proposional di 22 kelurahan, dan 180 desa di Kabupaten Jember.

Johanes menyebutkan pengambilan sampel didasarkan pada populasi jumlah daftar pemilih tetap Kabupaten Jember pada Pemilu 2024 menggunakan metode multistage random sampling terhadap responden dengan margin of error sekitar 2,40 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Rizky Faidan Bawa Bali United Juara Nusapay IFeLeague 1 2022

“Hasil survei menunjukan untuk tingkat popularitas Hendy Siswanto dan Faida sangat dikenal oleh masyarakat Jember dan bahkan angka melebihi 80 persen,” kata dia.

Dari survei TBRC diketahui tingkat elektabilitas Faida sebagai calon bupati Jember unggul di urutan pertama dengan 37,7 persen.

Di urutan kedua ada Bupati Jember Hendy Siswanto, yang elektabilitasnya 20,7 persen. Lalu ada Muhammad Fawait dengan persentase tingkat elektabilitas 17,7 persèn

Kemudian tokoh lainnya seperti Jaddin Wajads 4,6 persen dan Hadi Supaat 3,6 persen serta tokoh lainnya di bawah 2 persen

“Dalam uji simulasi 3 nama calon Bupati Jember Hendy Siswanto, Faida, dan Muhammad Fawait dengan pertanyaan tertutup, hasilnya Faida paling banyak dipilih hingga 43,7 persen. Urutan kedua Muhammad Fawait 21,6 persen dan urutan ketiga Hendy Siswanto 19,1 persen dan tidak memilih 15,6 persen ,” bebernya.

Menanggapi hasil survei TBRC soal Pilkada Jember 2024, pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto menilai bahwa unggulnya Faida karena masih diinginkan masyarakat untuk jadi Bupati Jember di Pilkada 2024.

“Faida pernah memiliki bekal sebagai bupati Jember. Sehingga masyarakat lebih memilih Faida menjadi bupati di Pilkada 2024,” kata Bambang.

Bambang menyebutkan masyarakat Jember akan mempertimbangkan nama petahana, Hendy Siswanto sebagai bupati di Pilkada 2024, karena kepemimpinan Hendy banyak persoalan dan infrastruktur yang membuat warga Jember kecewa.

Selain itu, kata dia, Faida sebagai salah satu sosok perempuan yang maju di pilkada dan telah membuktikan kinerja selama menjabat sebagai bupati Jember sebelumnya.

“Faida sebagai salah satu sosok Perempuan yang maju di Pilkada Jember dn telah membuktikan kinerja selama menjabat sebagai bupati Jember sebelumnya. Ini menjadi peluang Faida menang pilkada Jember 2024,” ucapnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usai Vaksinasi Covid-19, Bupati Faida Bilang Tidak Terlalu Sakit


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler