Salah satu artis paling terkenal di China saat ini, Fan Bingbing mendapat nilai 0 persen dalam soal tanggung jawab sosial di kalangan selebriti, hal yang semakin menimbulkan pertanyaan mengenai menghilangnya artis tersebut dari pandangan umum.

Menurut media lokal China, selebriti China diberi peringkat berdasarkan tiga kriteria yaitu kerja profesional, integritas personal dan kegiatan amal.

BACA JUGA: Perempuan Asal Kalimantan Ikut Kontes Kecantikan di Australia

Semua itu kemudian diumumkan dalam Laporan Tanggung Jawab Sosial Bintang Film dan Televisi China.

Dalam peringkat tahun 2017-2018, yang diterbitkan oleh media pemerintah China Daily, Fan Binbing mendapat nilai 0 persen.

BACA JUGA: Peneliti Melbourne Manfaatkan Realitas Virtual Untuk Atasi Kecanduan

Menurut peringkat tersebut, hanya ada sembilan selebriti yang mendapat nilai lebih dari 60 persen, salah seorangnya adalah tunangan Bingbing, Li Chen yang juga seorang aktor.

Laporan itu dibuat oleh badan bernama China Social Responsibility 100 Forum, dimana para anggotanya adalah para pakar, wiraswastawan, dan aktivis sosial.

BACA JUGA: Bank Pengelola Dana Pensiun Australia Digugat Class Action

Yang mendapat nilai paling tinggi adalah aktor Xu Zheng yang mendapat angka 78 persen.

Bingbing, yang dikenal di dunia internasional karena perannya dalam film X-Men, tidak muncul lagi di depan publik sejak 1 Juli sehingga menimbulkan rumor bahwa dia ditahan di penjara.

Dia diberitakan dikaitkan dengan penyelidikan pengemplangan pajak yang dilakukan bulan Mei, dan sejak itu tifak

Minggu lalu, sebuah berita dari harian milik pemerintah Securities Daily menyebutkan bahwa Bingbing (36 tahun) 'ditempatkan di bawah pengawasan.'

Namun berita online tersebut menghilang tidak lama setelah muncul.

Kritikus film independen Jiang Yong yang tinggal di Beijing mengatakan bahwa Bingbing adalah wajah paling terkenal dari iklan, film dan televisi di China saat ini.

"Dia adalah salah satu selebriti paling terkenal di China, mungkin yang paling terkenal." kata Yong.

Majalah Forbes menempatkan Bingbing di peringkat pertama selama empat tahun berturut dalam Dafrar Selebriti China di tahun 2017. Photo: Fan Bingbing (kiri) mendapat penghargaan sebagai Artis Terbaik dalam Asian Film Awards di Hong Kong tahun 2017. (Reuters: Bobby Yip)

Pihak berwenang belum mengukuhkan bahwa dia sedang diselidiki berkenaan dengan pajak, tetapi Yong mengatakan rumor online menyebutkan bahwa dia adalah salah satu bintang yang dituduh menggunakan kontrak "Yin and Yang."

"Kontrak Yin and Yang berarti satu kontrak dikirim ke departemen pajak." kata Yong.

"Namun sebenarnya ada kontrak kedua yang berisi angka yang lebih tinggi, yang merupakan kontrak sebenarnya."

"Departemen Pajak sekarang menyelidiki praktek seperti ini di industri film China."

Skandal ini menyebabkan pihak regulator di China membatasi jumlah bayaran yang bisa diberikan oleh film studio di China kepada para bintang mereka.

Juru bicara Bingbing membantah adanya kesalahan, namun tidak memberikan jawaban apapun mengenai tuduhan adanya dua kontrak berbeda tersebut.

Aktor terkenal Jackie Chan telah membantah tuduhan bahwa dia memberikan nasehat kepada Bingbing untuk mencari perlindungan di Amerika Serikat di tengah adanya pemberitaan mengenai kasus pajak ini.

Bingbing sebelumnya pernah muncul di Melbourne bersama dengan Hugh Jackman karena perannya dalam film X-Men.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

BACA ARTIKEL LAINNYA... 65 Alat Derek Tinggi Dihentikan Penggunaan Sementara di Melbourne

Berita Terkait