Favorit Juara Versi Ekonom

Minggu, 30 Mei 2010 – 09:33 WIB
Pose formal 23 pemain Spanyol - tim favorit banyak orang - bersama pelatih Vicente del Bosque. Foto: AFP Photo/Lluis Gene/FIFA.com.
LONDON - Siapa favorit juara Piala Dunia (PD) 2010? Setelah rumah bursa di dunia banyak mengunggulkan Spanyol, giliran ahli ekonomi (ekonom) sejagat yang menjagokan juara Euro 2008 ituPilihan ekonom itu merupakan hasil polling yang digagas oleh kantor berita Reuters, Jumat (28/5) lalu.

Dari sebanyak 74 ekonom dunia yang diambil sebagai sampel, 44 di antaranya mengaku yakin Spanyol bakal meraih PD kali pertama

BACA JUGA: Offline dari Situs Jejaring Sosial

Spanyol berhasil mengungguli juara dunia lima kali, Brazil, yang dipilih oleh 23 ekonom.

"Saya memprediksi Spanyol sebagai juara dunia, karena mereka bukan hanya tim yang punya banyak talenta berbakat, tapi memang punya tradisi sebagai tim tangguh dan kuat di kejuaraan besar sejak dulu," kata Jean-Francois Mercier, ahli ekonomi asal Afrika Selatan (Afsel).

"Saya sebenarnya menginginkan Inggris memenangi Piala Dunia
Namun, (bicara) realistis, Spanyol memiliki kekuatan yang lebih dahsyat," tutur Howard Archer pula, ekonom yang tergabung dalam organisasi ekonomi terbesar dunia, IHS Global Insight, di London.

Namanya juga pilihan, apalagi dari kalangan ekonom yang belum tentu mengikuti update sepakbola, tentu tidak sepenuhnya terpercaya

BACA JUGA: Sudah Kalah, Kecolongan Pula

Polling empat tahun lalu adalah salah satu contohnya
Di PD 2006 itu, banyak ekonom yang menjagokan Argentina sebagai pemenang.

Pada kenyataannya, malah Italia yang muncul sebagai juara

BACA JUGA: Di Luar Lapangan, Menuju 11 Juni

Padahal, hanya delapan dari 96 ekonom seluruh dunia yang menjagokan Azzurri - sebutan Italia - kala ituSementara untuk PD 2010 ini, Italia justru hanya dipilih oleh satu ekonomDi sisi lain, Argentina meraih dukungan terbanyak ketiga, setelah Spanyol dan Brazil.

"Argentina memiliki pemain terbaik dunia Lionel MessiKalaupun dia banyak dikritik di timnas, bisa jadi dia akan membuktikan di Piala Dunia nanti," tutur beberapa ekonom yang menjagokan juara dunia dua kali itu.

Hasil polling tersebut sekaligus menyebutkan bahwa bakal ada satu tim Afrika yang berhasil menembus perempat finalSejauh ini, baru Senegal pada 2002 dan Kamerun (1990) yang mampu melakukannyaSementara dalam polling ini, dari lima wakil Benua Hitam, Nigeria dipilih paling banyak, dan bukannya tuan rumah Afsel.

"Afsel akan menemui rintangan di fase grup, karena selain Prancis, Uruguay dan Meksiko merupakan negara yang memiliki sejarah Piala Dunia yang bagus," ucap Johannes Khosa, seorang ekonom dari Nedbank pula, memberikan alasannya(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Afsel Lari ke Negeri Tetangga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler