Feminin Robot dari SEGA Toys

Rabu, 25 Juni 2008 – 10:50 WIB
ROBOT adalah makhluk mekanikNamun, bukan berarti kemampuannya melulu berkisar pada hal-hal teknis

BACA JUGA: Permudah Main Musik via Laptop

Robot juga bisa berfungsi pada ranah estetika
Fungsinya adalah sebagai media hiburan atau mengadaptasi gerakan-gerakan manusia

BACA JUGA: Robot Cerdas, Punya Detak Jantung

SEGA Toys menerapkan itu pada robot baru buatannya
Yaitu, EMA (Eternal Maiden Actualization) dan AMP (Automated Music Personality).
EMA dikategorikan sebagai fembots (feminine robot), alias robot berjenis kelamin cewek

BACA JUGA: Apple Update Fasilitas 3G

Robot itu punya tujuh titik artikulasi pada siku, pundak, lutut, dan pinggangDengan demikian, ia mampu berjalan dengan lemah gemulai layaknya wanita.
EMA juga bisa menghibur sang pemilik dengan menari dan menyanyiAtau mengambilkan dokumen berukuran kecil, seperti kartu namaEMA punya fitur unik bernama love mode.
Sang robot juga dilengkapi sensor inframerahFungsinya mendeteksi wajah seseorang yang sedang blushing alias memerah karena tersipu maluJika itu terjadi, EMA akan memalingkan wajahnya ke arah orang ituYang selanjutnya terjadi adalah EMA mengeluarkan suara "cup!" seperti sedang mencium.
Meski dibuat oleh perusahaan mainan, EMA ditargetkan untuk konsumen dewasaRobot setinggi 38 cm itu akan beredar di Jepang mulai 26 SeptemberSatu unit EMA dijual USD 175 atau sekitar Rp 1,62 juta.
Beda lagi AMPRobot itu diberi jenis kelamin laki-laki oleh SEGA Toys dan Tiger ElectronicsBodinya dibuat berwarna mayoritas hitamDengan aksen krom dan kuning, AMP terlihat garang.
AMP adalah robot untuk penggunaan personal dengan fungsi musikalPada bagian punggung robot setinggi 73,6 cm itu, terdapat slot untuk PMP (portable media player)AMP dilengkapi speaker stereo berukuran 5 inci pada bagian dada.
Kedua "tangan" AMP adalah tweeter speaker dan touch pad yang berfungsi sebagai mixing deck untuk memodifikasi laguTangan kiri menambahkan layer sound effect, tangan kanan untuk mengatur audio.
AMP tidak bergerak dengan kakiNamun, melalui dua roda yang berposisi sejajarFungsi itu dilengkapi kemampuan dynamic balancing technology (DBT)Tujuannya mengatur keseimbangan robot sehingga tidak mudah jatuh saat bergerakSumber energi AMP ada pada enam buah baterai ukuran D dan tiga baterai ukuran AAA.
Robot yang dipamerkan dalam Tokyo Toy Show pada 19 hingga 22 Juni itu dirilis Oktober mendatangTiap unit rencananya dijual seharga USD 500 atau sekitar Rp 4,6 juta(rum/bs/kkn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kloning Anjing Pengendus Kanker


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler