Festival Pesona Pantai Pohon Cinta Siap Manjakan Travelista

Jumat, 04 Mei 2018 – 16:25 WIB
Arief Yahya. Foto: Kemenpar

jpnn.com, GORONTALO - Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2018 di Lapangan Pohon Cinta, Kabupaten Pohuwanto, Gorontalo, Kamis (3/5). Event itu akan berlangsung hingga 6 Mei mendatang.

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga optimistis wisata alam bawah laut yang ada di wilayahnya sudah kelas dunia. 

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Keseruan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta

"Setelah saya mengeksplorasi hampir satu tahun alam bawah laut yang ada di Pohuwato, ada puluhan spot alam bawah laut kami yang sangat berpotensi,” kata Syarif.

Dia menambahkan, alam bawah laut atau underwater yang ada di wilayahnya akan dijadikan ikon dan terus dipromosikan dengan berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata.

BACA JUGA: Labuan Bajo Diserang Isu Illegal Fishing

"Bapak Gubernur juga sudah sangat setuju bahwa kita akan promosikan ke luar negeri. Goal-nya adalah pemasukan devisa untuk negara kita yang akan membuat masyarakat kita semakin sejahtera,"jelas Syarif.

Dia menyebut pihaknya dan seluruh stakeholder pariwisata Gorontalo akan berkoordinasi dengan pihak terkait di destinasi Olele, Togean, serta Bunaken untuk  membuat paket wisata maupun promosi.

BACA JUGA: Menpar Arief Yahya Puji Promosi Pariwisata KBRI Venezuela

"Kami siap menyambut wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara di destinasi kami yang kelas dunia ini,"kata Syarif.

Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Muhammad Ricky Fauziyani mengatakan, pihaknya siap mendukung promosi destinasi alam bawah laut yang ada di Pohuwato untuk diviralkan dan dipromosikan di mancanegara.

"Terutama daerah harus segera menggenjot promosi alam bawah laut dengan kekuatan digital, siapkan semua sumber daya manusia yang terus bisa berpromosi di sosial media,"ujar Ricky. 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang mendukung acara itu.

"Semoga Pohuwato semakin terkenal di mata dunia,” kata Rusli.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengucapkan selamat kepada Gorontalo dan Pahuwato yang secara resmi telah menggelar event itu.

Menurut dia, Pahuwato sudah tepat memilih alam bawah laut sebagai unggulan. Sebab, Indonesia memiliki lebih dari 700 titik penyelamana dan snorkeling.

Indonesia juga memiliki 20 titik penyelaman di Bunaken, 88 titik di Selat Lembeh, serta tiga spot diving di Pulau Weh. 

Sejumlah titik penyelaman yang tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinci, 50 titik menyelam Alor, 28 titik penyelaman di Derawan.

Diving spot di Teluk Cenderawasih dan Raja Ampat juga sangat indah.

Menteri asli Banyuwangi itu juga menambahkan, lokasi perairan Indonesia yang merupakan pusat dari Corral Triangle, hingga fauna-fauna yang unik dan langka, semua ada di negara ini.

"Indonesia merupakan pilihan yang tepat untuk tujuan wisata diving. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau serta merupakan pusat dari corral reef triangle yang memiliki berbagai lokasi diving berpanorama indah dan unik. Jadi, sudah sangat tepat Pahuwato mengusung alam bawah laut," kata Menpar Arief Yahya. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Festival Hari Nelayan Palabuanratu Sukses Pikat Wisatawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler