FIKSI Hadir Lagi: Dorong Pelajar SMA/SMK Berwirausaha

Kamis, 26 September 2024 – 17:35 WIB
Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) kembali hadir mulai 24 sampai dengan 29 September 2024 di Smesco Convention Hall, Jakarta Selatan. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) kembali hadir mulai 24 sampai dengan 29 September 2024 di Smesco Convention Hall, Jakarta Selatan.

FIKSI 2024 mengajak generasi muda untuk berani menjadi pemimpin masa depan yang tangguh, inovatif, dan kreatif.

BACA JUGA: Auto Fiksi Tampil Beda, Satukan Beragam Genre Musik dalam Satu Lagu

Mengusung tema "Merdeka Berprestasi Talenta Vokasi Menginspirasi", peserta yang terlibat ada 338 orang dari peserta didik SMA/SMK.

Para finalis dapat menunjukkan kemampuan membangun usaha kewirausahaan berkelanjutan dan menguntungkan secara finansial, serta memiliki kemampuan menghadapi tantangan maupun memanfaatkan peluang di masa depan.

BACA JUGA: Tampung Kreasi Pelajar, Kemendikbud Gelar FIKSI 2017

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan dan meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan siswa SMA/MA dan SMK di seluruh Indonesia.

"Kegiatan FIKSI ini salah satu dari ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Jadi, Pusat Prestasi Nasional ini, kan, bertujuan untuk mengembangkan talenta. Salah satu talentanya adalah di bidang wirausaha," kata Maria Veronica Irene di Smesco, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

BACA JUGA: Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Melalui ajang ini, peserta didik diajak mengasah keterampilan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif sejak dini.

Mereka ditantang merumuskan ide-ide bisnis yang relevan dan dapat diimplementasikan memanfaatkan kearifan lokal sebagai kontribusi bagi pengembangan ekonomi.

"Bidang kewirausahaan ini pasti kita membutuhkan mitra yang banyak dan bisa mendukung pengembangan anak-anak," ujar Maria Veronica.

"Dan salah satunya adalah Smesco. Ini tahun kedua kita bekerja sama untuk menyelenggarakan FIKSI ini di Smesco," tambahnya.

Ajang tersebut dirancang membekali generasi muda dengan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kolaborasi efektif kemampuan yang dibutuhkan era saat ini. "Harapannya banyak nanti para pengunjung yang bisa melihat hasil anak-anak. Tentu pasti bisa dikenali, semakin dikenali," jelas Maria.

Direktur Utama Smesco Indonesia Wientor Rah Mada meyakini, kegiatan FIKSI menjadi salah satu cara untuk mencetak wirausaha, dengan produk-produk yang inovatif. Sehingga para finalis mampu naik kelas.

"Kemarin saya juga menjadi juri, tadi saya sampaikan ke Bu Irene produknya sangat luar biasa dan tinggal perlu bantuan sedikit untuk bisa naik off to market gitu paling tidak," jelas Wientor.

Selama ini, Smesco telah banyak membantu mengembangkan UMKM dari seluruh wilayah Indonesia.

Harapannya tahun 2024 bisa mencapai rasio wirausaha sejumlah 4 persen.

"Saya pikir, FIKSI ini adalah salah satu ajang yang sangat baik dan kita bisa mencapai rasio kewirausahaan," imbuh Wientor. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Motif Congkel Mata di Bogor Ternyata Gara-gara Ini, Mengerikan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
fiksi   SMA   SMK   wirausaha  

Terpopuler