Final Dulu, Lalu Bronckhorst Pensiun

Kamis, 08 Juli 2010 – 09:06 WIB
PENSIUN - Giovanni Van Bronckhorst usai mencetak gol ke gawang Uruguay yang dijaga Fernando Muslera (depan), Selasa (6/7) kemarin di Cape Town. Foto: Alex Livesey/Getty Images/FIFA.com.
SEBAGAI seorang bek, Giovanni van Bronckhorts jarang mencetak golDi antara yang sedikit itu, salah satunya adalah gol cantik yang disarangkan Van Bronckhorts ke gawang Uruguay kemarin dini hari

BACA JUGA: Menunggu Juara Baru dari Benua Biru

Siapa sangka, gol itulah yang kemudian membuka jalan kemenangan bagi Belanda.

Dengan usia yang sudah menapak 35 tahun, karir Van Bronckhorst memang tak lagi panjang
Karena itu, dia mimilih partai final Piala Dunia 2010 sebagai laga pemungkasnya sebagai penggawa Oranje, julukan Belanda

BACA JUGA: Gajayana Diajukan sebagai Alternatif

Defender yang sudah 14 tahun membela Belanda itu memutuskan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia kali ini.

"Semoga final nanti menjadi pertandingan yang paling indah dalam hidup saya," kata Van Bronckhorst sebagaimana dilansir Associated Press
"Game terakhir dalam karir internasional saya adalah final Piala Dunia

BACA JUGA: Kans Taufik-Chong Wei ke Final

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari itu," lanjut pemain Feyenoord Rotterdam itu.

Karir Van Bronckhorst sebenarnya hampir habis setelah Euro 2008Namun, pelatih Bert van Marwijk masih memberinya kepercayaanBahkan, karena usianya paling senior, Van Bronkhorst didapuk sebagai kapten menggantikan kiper Edwin van der Sar yang pensiun dari timnas.

Ternyata, di pengujung karirnya, Van Bronckhorst membawa Belanda ke partai puncak kompetisi paling akbar duniaBagi pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri itu, gol ke gawang Uruguay kemarin sangat istimewaTendangan kerasnya sempat menyentuh tiang gawang sebelah kiri sebelum bergulir menerjang jalaDia mengaku masih merayakan sukses Belanda melaju ke final sejam setelah pertandingan berakhir.

"Saya merasa seperti anak remaja lagiSaya berjingkrak-jingkrak kegirangan bersama teman-teman di pinggir lapanganSetelah meninggalkan stadion pun kami masih berpesta," katanya"Tidak ada air mata haru, kami bersenang-senang," lanjut Van Bronckhorst.

Bermain di mana pun, Van Bronchorst sejauh ini tercatat bisa mengukir suksesDia mengantar Rangers, Arsenal dan Barcelona merebut titel domestikApakah dia juga bakal sukses mengantar Belanda merebut gelar Piala Dunia? (na/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NBL: Tegang dan Penuh Kejutan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler