Finalis Miss Universe Kurang Gizi

Jumat, 24 April 2009 – 09:01 WIB
Stephanie Naumoska. Foto: REUTERS
SYDNEY - Perhelatan Miss Universe Australia diwarnai kontroversi kemarin (23/4)Tim dokter dan ahli diet menyatakan bahwa kandidat terkuat wakil Sydney Stephanie Naumoska terlalu kurus -hanya tulang berbalut kulit- dan divonis kekurangan gizi.

Gadis 19 tahun tersebut merupakan salah seorang di antara 32 kontestan yang melaju ke babak final

BACA JUGA: Busana Tak Pantas, Sidang Bajak Laut Ditunda

Dia lolos saringan dari 7.000 peserta yang berasal dari seluruh pelosok negara benua tersebut
Ajang kecantikan itu bertujuan mempromosikan bentuk tubuh proporsional sekaligus sehat

BACA JUGA: Organ Babi Bisa Dicangkok ke Manusia

''Ceking atau cantik?" tulis sebuah koran lokal di bagian headline-nya
Fotonya menampilkan Naumoska mengenakan bikini berwarna merah

BACA JUGA: Astronom Temukan Kembaran Bumi

Dalam balutan busana seksi itu, dia terlihat begitu kurus sehingga tulang-tulangnya tampak menonjol atau orang Jawa menyebutnya lunglit, balung-kulit.

Ahli kesehatan menyatakan bahwa Naumoska memiliki indeks massa tubuh (BMI) 15,1Itu jauh di bawah batas minimal indeks massa tubuh normal, yakni 18Sang model yang punya tinggi 180 sentimeter tersebut memiliki berat tubuh hanya 49 kilogram.

''Dia masuk kategori kekurangan berat badan, dan saya akan mensyaratkan agar panitia mencermati program dietnyaItu dilakukan untuk memastikan bahwa dia tidak punya kecenderungan menyimpang dalam hal makan,'' terang ahli diet Melanie McGrice seperti dikutip ReutersDia menambahkan, Naumoska masih harus menjalani tes darah dan sejumlah prosedur kesehatan lainnya.

''Lengan bagian atas dan kaki tampak sekali tidak berototTulang seseorang dengan indeks massa tubuh yang sehat tidak mungkin terlihat sangat menonjol seperti itu,'' terangnya.

Deborah Miller, direktur penyelenggara kontes kecantikan, mengatakan bahwa gadis berambut cokelat Naumoska dikalahkan oleh seorang presenter TV dan model berusia 20 tahun Rache Finch di finalGadis keturunan Makedonia itu menjadi peserta terkurus dalam ajang tersebut''Mereka (keturunan Makedonia) biasanya berambut panjang, bertubuh lentur, dan bertulang kecilMemang seperti itu bentuk tubuh merekaSeperti umumnya wanita Asia, tapi lebih kecil lagi,'' tambahnya.

Seorang peserta yang tak lolos babak final juga mengkritik keputusan juriMenurut wanita yang tidak mau disebutkan identitasnya itu, Naumoska seharusnya tidak memenuhi syarat masuk final''Sebab, dia terlalu kurus,'' ungkapnya kepada The Herald Sun.

Presiden Asosiasi Dokter Australia Rosalia Capolingua menegaskan, panitia ajang kecantikan seharusnya mematok besaran indeks massa tubuh minimal 20''Indikasi itulah yang paling mudah untuk mengukur ketidaksehatan pesertaUmumnya, perempuan melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang normalPadahal, itu sama sekali salah,'' paparnya.

Naumoska menolak berkomentar kepada media atas kontroversi yang menimpa dirinyaSeorang ahli nutrisi, Susie Burrel, mengatakan bahwa bentuk tubuh yang terlalu kurus tersebut tidak berkaitan dengan keturunan Makedonia''Tidak ada bukti akademis yang bisa membuktikan dugaan tersebut,'' tegasnya.

Pemenang Miss Australia Rache Finch akan bersaing di ajang Miss Universe di Bahamas pada AgustusFinch yang saat ini tinggal di Alexandria, Sydney, bekerja sebagai presenter di Platinum TelevisionDia juga menjadi duta Yayasan Jantung Sehat(cak/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemberontak Tahan Kereta, Ratusan Penumpang Disandera


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler