Finsensius Mendrofa: Munas IKAHUM Atma Jogja Siap Lahirkan Pemimpin Baru

Rabu, 12 April 2023 – 14:33 WIB
Ketua Panitia Munas IKAHUM Atma Jogja Finsensius Mendrofa saat konferensi pers di Palma One Building, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2023). Foto: Dok. Panitia Munas IKAHUM Atma Jogja

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau IKAHUM Atma Jogja akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) III pada 8 Juli 2023.

Munas akan digelar di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan tema "Guyub Nasional IKAHUM ATMA JOGJA Menurut Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: Unika Atma Jaya Kukuhkan 2 Guru Besar di Bidang Statistik & Komunikasi

Ketua Panitia Munas IKAHUM Atma Jogja Finsensius Mendrofa menjelaskan dalam Munas nanti akan ada Pemilihan Ketua Umum dan Pengawas untuk Periode 2023-2026. Termasuk membahas perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IKAHUM dan mendengarkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dari program kerja kepengurusan sebelumnya.

“Selain Munas, kami juga akan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya Simposium Nasional dan Reuni Nasional,” ujar Finsensius.

BACA JUGA: Unika Atma Jaya Beri Beasiswa untuk Putra-putri Flores Timur, Begini Harapan Uskup Larantuka

“Jadi, di Simposium Nasional nanti kita akan mencoba merangkum sebuah pemikiran-pemikiran untuk hal-hal yang bersifat kepentingan Nasional dan Negara kita,” kata Finsensius dalam konferensi persnya di Palma One Building, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2023).

Adapun alasan Munas IKAHUM Atma Jogja kali ini digelar di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta, untuk napak tilas maupun nostalgia para alumni di kampus dan juga saling berjejaring dari mulai Alumni Angkatan 1965 sampai yang lulus 2023, baik itu lulusan Sarjana maupun lulusan dari Pascasarjana Ilmu Hukum.

BACA JUGA: Unika Atma Jaya Mengukuhkan 2 Guru Besar Bidang Ekonomi dan Psikologi

Di Simposium dan Reuni Nasional nanti juga akan ada konsolidasi gagasan, ide-ide para alumni, berupa lahirnya rekomendasi-rekomendasi strategis menuju Indonesia Emas 2045. Termasuk dukungan terhadap percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

"Simposium itu suatu forum gagasan nasional kita, yang akan kita berikan rekomendasi untuk pemerintah,” kata Finsen.

Finsen menjelaskan beberapa poin rekomendasi di antaranya berkaitan dengan pemilu. Kita akan mendukung penuh kesuksesan Pemilu Serentak 2024.

Sebab, agenda besar negara ini dalam waktu dekat yaitu Pemilu 2024, bukan dalam konteks politik praktis tetapi konteks dukungan kesuksesan Pemilu sesuai amanat Konstitusi.

“Selain itu kita juga mendukung percepatan pembangunan IKN dan isu-isu nasional lainnya. Nanti akan kita bahas di Simposium itu.

Lebih lanjut, Wakil Ketua komite Tetap Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi KADIN Indonesia ini mengimbau kepada seluruh alumni Fakultas Hukum Atma Jaya Yogyakarta, yang jumlahnya hampir 9 ribuan orang itu, untuk hadir ikut menyemarakkan Munas IKAHUM ini.

"Kepada Alumni Fakultas Hukum di seluruh tanah air, bahkan yang ada di luar negeri, kita mengajak untuk hadir di acara Munas ini. Kita akan melakukan simposium nasional dan reuni nasional, tempatnya di kampus Universitas Atma Jogja, tanggal 8 Juli 2023 sekitar 3 bulan lagi," imbau pakar hukum bidang Konstruksi ini.

Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Bidang Urusan Alumni B Hengky Widhi Antoro mengatakan pihak kampus sangat mendukung penuh kegiatan Munas IKAHUM ATMA JOGJA.

Sebab, ini merupakan hal positif yang perlu di suport oleh semua alumni.

Dia juga mengimbau kepada seluruh alumni IKAHUM Atma Jogja untuk menghadiri Munas III Karena kedatangan para alumni merupakan semangat bagi civitas universitas, khususnya fakultas hukum.

"Kepada seluruh alumni Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dimanapun anda berada, mari kita dukung bersama kegiatan ini. Kegiatan ini tidak akan bisa terlaksana jika hanya mengandalkan satu dua orang. Karena bagi kita fakultas hukum itu adalah kita. Jadi, artinya semua harus berkontribusi, dari kita, oleh kita, dan untuk kita," katanya.

Adapun alumni yang hadir dalam pertemuan rapat ini Johanes Widijantoro salah satu Komisioner Ombudsman RI Oktavianus Rully Abriyanto, Peterde Rozari, Heru, Deka Saputra Saragih, Tri Saragih, Gina Mariana, Maria Magdalena Blegur, Ralph Poluan dan Husor Hutasoit.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler