Firman, Pilot F-16 Terbaik Kedua, Didikan KSAU

Kamis, 16 April 2015 – 16:33 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna di Plaza Mabes TNI, Jakarta, Kamis (16/4). Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--KSAU Marsekal Agus Supriatna tetap mengapresiasi langkah Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono yang berusaha mengendalikan kerusakan pada F-16 yang dipilotinya, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/4).

Agus mengaku Firman adalah pilot terbaik kedua dan merupakan salah satu penerbang  didikannya.

BACA JUGA: Ini Kata KSAU Saat Tahu Pilot F16 yang Celaka Muridnya Sendiri

"Penerbang Firman ini, murid saya juga. Waktu itu saya komandan skuadron. Dia penerbang kedua terbaik," ujar Agus dalam jumpa pers di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Kamis.

Dalam aksinya itu, Agus bersyukur Firman masih bisa bertindak cepat keluar dari pesawat itu sebelum api kian membesar. Akibat peristiwa itu, Firman mengalami luka bakar di tangan dan pundak.

BACA JUGA: Dengar F16 Terbakar Ini yang Dirasakan Anak Buah Prabowo

"Tadi saya lihat sendiri di rumah sakit. Alhamdulillah penanganan dokter yang cepat, pilot tersebut sudah diobati. Luka bakar 11 persen. Tapi sekarang dia udah bisa jalan," ujarnya.

Menurut Agus, Firman bersama tiga rekannya membawa empat pesawat F16 buatan Amerika itu, Kamis pukul 08:00.

BACA JUGA: Ini Aksi Pilot saat Tahu F-16 Ada yang tak Beres

Empat pesawat itu yakni F-16 Fighting Falcon  dipiloti Mayor Pnb Nur Alimi dengan jenis pesawat tail number 1606.

Berikutnya pesawat tail number 1608 dikendarai oleh Mayor Pnb Andri. Disusul pesawat tail number 1606 oleh Kapten Pnb Anugerah gigih. Terakhir pesawat dengan tail number 1643 dikemudikan oleh Letkol pnb Firman Dwi Cahyono.

"Pesawat pertama, kedua, ketiga secara mulus melaksanakan take off. Namun, saat pesawat keempat akan melakukan take off pada pukul 08:10 terlihat percikan api dari badan pesawat. Pilot kemudian mematikan mesin pesawat.

"Hingga saat ini penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan," tandas Agus. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... F-16 Gagal Take Off, Penerbangan Citilink Kena Imbasnya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler