Fisik Ancam Akhir Musim Roddick

Kamis, 14 Oktober 2010 – 09:01 WIB
Andy Roddick. Foto : AP

SHANGHAI - Kondisi fisik masih menjadi ancaman serius bagi petenis Amerika Serikat (AS) Andy RoddickMenjelang penutupan musim 2010, mantan petenis nomor satu ATP (Asosiasi Tenis Pria) itu kembali harus berkutat dengan cedera

BACA JUGA: Wishnu Menghadap Nurdin Halid

Kali ini, cedera paha yang dideritanya saat menjalani babak kedua Shanghai Masters 2010, kemarin (13/10) WIB.
   
Cedera paha tersebut didapatkan Roddick di  game keempat set kedua saat berhadapan dengan Guillermo Garcia-Lopez (Spanyol)
Setelah menjalani perawatan, dia masih melanjutkan pertandingan

BACA JUGA: Milan Tidak Butuh Kaka

Namun, satu game  berikutnya dia mengundurkan diri saat kedudukan 3-2 untuk Garcia-Lopez
Sehingga, keunggulan 6-3 yang didapatkan Roddick di set pertama pun tak berarti apa-apa.

"Rasanya, di satu titik, saat saya bergerak seperti ada yang menusuk di kaki saya

BACA JUGA: Ambisi Menang Lagi di Gajayana

Itu benar-benar membuat frustrasi," ujar Roddick pada Associated Press.

Tahun ini, Roddick sudah disulitkan dengan cedera bahu di awal tahun dan mononucleosis usai grand slam  WimbledonMononucleosis adalah penyakit yang sama dengan yang diderita Roger Federer pada 2008 dan menggerogoti keperkasaannya sebagai petenis terbaik ATPBeruntung, Roddick dinyatakan sembuh dengan cepat sebelum menjalani grand slam AS Terbuka, Agustus lalu.

Tapi, terbukti Roddick tak mampu berbuat banyak setelah penyakit tersebutDia belum menambah koleksi gelar sejak Miami Masters, April laluBahkan, dia sempat terlempar dari peringkat sepuluh besar di awal AgustusItu membuat AS tak memiliki petenis di daftar sepuluh besar untuk pertama kalinya sejak 2006.
   
"Setelah masa buruk seperti itu, anda butuh kemampuan untuk meningkatkan momentum, tapi saya merasa tak memiliki kemampuan itu sejak April atau Mei, sehingga banyak yang terlepas dari tangan saya," tutur Roddick yang menempati unggulan kesepuluh di Shanghai Masters 2010.

Kondisi terakhir membuat Roddick menghadapi ancaman kembali terlempar dari sepuluh besarJika itu terjadi, maka rekor delapan tahun beruntun mengakhiri musim di deretan sepuluh besar pun berakhir.

Selain tersingkirnya Roddick, para unggulan utama turnamen yang masuk dalam kategori Masters Series itu masih melanjutkan langkah menuju babak ketigaLima unggulan teratas masih utuh dan belum tersentuh.

Unggulan teratas Rafael Nadal (Spanyol) melenggang dengan kemenangan 6-4, 6-4 atas petenis Swiss, Stanislas WawrinkaDalam waktu yang hampir bersamaan, langkahnya diikuti oleh Federer yang menempati unggulan ketigaFederer mengandaskan  petenis AS, John Isner dengan 6-3, 6-4.

Langkah yang sama juga didapatkan unggulan kelima Robin Soderling (Swedia) yang menundukkan Janko Tipsarevic (Serbia) 6-3, 7-6 (5)Langkah yang mulus pun didapatkan unggulan kedua Novak Djokovic (Serbia) yang membekuk Ivan Ljubicic (Kroasia) 6-3, 6-3, serta unggulan keempat Andy Murray (Inggris Raya) yang menundukkan Yan Bai (Tiongkok) 6-2, 6-2.

"Saya memulai pertandingan ini dengan bagusSaya puas dengan pengembalian servis dan tadi performa yang bagus," ujar Djokovic(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Menang di Kebun Kentang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler