Flu Burung Serang Cilacap

Rabu, 06 Januari 2010 – 06:12 WIB

CILACAP-- Virus flu burung atau Avian Influenza (AI) kembali mengganasKali ini menyerang Kecamatan Kroya, Cilacap

BACA JUGA: Transmigrasi Belum Capai Target

Sedikitnya 50 ekor ayam kampung milik warga Desa Karangmangu, Kecamatan Kroya yang mati secara mendadak beberapa hari kemarin
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap Ir H Gunawan MM ketika dikonfirmasi Radarmas memastikan, ayam-ayam yang mati mendadak itu dinyatakan positif terserang virus flu burung atau Avian Influenza (AI).

Dijelaskan Gunawan, pihaknya lansung melakukan pemusnahan ayam-ayam tersebut

BACA JUGA: Kebijakan Tetap Bisa Dipidanakan

“Dari hasil pengecakan di lapangan, ayam-ayam yang mati mendadak itu ternyata disebakan oleh virus flu burung
Ayam-ayam yang dinyatakan positif mati akibat serangan virus AI, langsung dimusnahkan saat itu juga

BACA JUGA: SBY Tambah 5 Wakil Menteri

Bersama kepala desa dan warga Karangmangu, semua ayam yang terserang flu burung langsung kita kuburSetelah itu, dilakukan penyemprotan desinfektan,” beber Guanwan.

Guna menekan penyebaran, penyemprotan desinfektan tidak hanya dilakukan di Desa KarangmanguTapi sejumlah sentra peternakan, juga disemprot desinfektanMenurut Gunawan, ayam-ayam yang ditemukan mati akibat serangan virus mematikan itu jumlahnya mencapai 50 ekorSemuanya jenis ayam kampung.

Dia menambahkan, sejumlah peternakan ayam pedaging maupun ayam petelur yang ada  di kawasan itu luput dari serangan AI“Kalau peternakan biasanya selalu rajin melakukan penyemprotan, sehingga luput dari serangan flu burung,” paparnyaKarenanya, dia meminta masyarakat melakukan antisipasi sejak dini, sehingga tidak terjadi penularan kepada manusiaSebab menurutnya, ancaman virus AI masih terus mengintai selama musim pancaroba ini.

Menurut Gunawan, kasus kematian ayam secara mendadak di Desa Karangmangu bukan kali pertamaSebelumnya, ratusan ayam di Desa Karangtengah Kecamatan Sampang juga mengalami nasib yang samaDia minta warga yang menemukan ada ayam mati mendadak segera lapor ke Dinas Pertanian dan Peternakan atau ke aparat desaIni penting agar bisa dilakukan tindakan secara cepat.

Gunawan juga berharap para pedang ayam lebih jeli meneliti kondisi kesehatan ayam sebelum dijual kepada konsumen.Pedagang diminta tidak menjualn ayam yang kondisinya mencurigakanSedang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr H Sugeng Budi Susanto MMR ketika dikonfirmasi terpisah memastikan, sejauh ini belum terjadi penularan flu burung kepada manusia(din,sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... April, PNS Terima Rapel Kenaikan Gaji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler