Formasi CPNS 2024 Pendidikan D3 ke Atas pakai TOEFL, Cum Laude Khusus A

Selasa, 20 Agustus 2024 – 07:03 WIB
Formasi CPNS 2024 Pemprov Jatim, pelamar pendidikan D3 ke atas pakai syarat hasil TOEFL. Ilustrasi Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin.

jpnn.com - SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur merupakan salah satu pemda yang membuka formasi CPNS 2024.

Jumlah formasi CPNS 2024 Pemprov Jatim sebanyak 2.314, di mana pendaftarannya akan dibuka mulai 20 Agustus 2024.

BACA JUGA: Inilah KepmenPANRB 344: Aturan Pelamar CPNS 2024 pakai Nilai SKD 2023

"Pemprov Jatim jadi magnet kuat bagi fresh graduate lulusan universitas se-Indonesia. Karena lowongan ini terbuka dan bisa diikuti pelamar dari daerah manapun termasuk luar Jatim," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni, di Surabaya, Senin (19/8).

Ribuan formasi itu untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga sarjana strata 2.

BACA JUGA: Info Penting bagi PPPK Ikut Mendaftar CPNS 2024, soal Tenggat Waktu Persetujuan PPK

Dia mengatakan, formasi CPNS 2024 Pemprov Jatim menjadi yang terbanyak di Pulau Jawa. Sebagai perbandingan, formasi CPNS 2024 Pemprov DKI Jakarta 434 formasi, Jawa Barat 899 formasi, dan Jawa Tengah sebanyak 250 formasi.

Indah Wahyuni menjelaskan, formasi CPNS tahun ini dibagi dalam dua kategori, yakni formasi umum sebanyak 2.254 lowongan yang terbagi dari formasi tenaga teknis, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 di Portal SSCASN BKN Tidak Serentak, Pelamar Harap Maklum

Formasi khusus untuk cum laude 50 lowongan dan penyandang disabilitas 10 lowongan.

"Untuk formasi cum laude ini hanya bisa diikuti lulusan perguruan tinggi terakreditasi unggul (A) dan terakreditasi prodi unggul (A)," jelas Yuyun sapaan akrab kepala BKD Jatim ini.

Bagi formasi umum, lowongan CPNS terbuka mulai dari kualifikasi pendidikan SMA dan SMK jurusan teknik, pertanian, peternakan dan agrobisnis.

Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan diploma 3 (D3) ke atas terdapat persyaratan tambahan, yakni hasil TOEFL (Test of English as a Foreign Language).

"Lulusan SMA/SMK nilai rata-ratanya minimal tujuh, sedangkan sarjana minimal IPK 3 dengan ketentuan perguruan tinggi dan prodinya terakreditasi," jelas wanita yang juga menjabat Pj Bupati Lumajang tersebut.

Terkait usia, dalam CPNS kali ini dapat diikuti pelamar dengan usia maksimal 35 tahun, kecuali untuk formasi dokter spesialis, usia maksimalnya ialah 40 tahun.

Dalam menghadapi seleksi CPNS, pelamar diimbau selalu cermat khususnya dalam memilih formasi yang akan dilamar.

Sebab, pelamar CPNS 2024 hanya boleh memilih satu instansi dan tidak dapat diubah kembali. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler