Foto Migran Afrika Cari Sinyal Juara World Press Photo 2014

Sabtu, 15 Februari 2014 – 21:26 WIB
Foto: www.ohnewsday.com

jpnn.com - LONDON--Foto yang diabadikan fotografer asal Amerika Serikat, John Stanmeyer tentang beberapa migran Afrika yang mengangkat telepon genggam di bawah temaram sinar bulan di pantai Djibouti untuk mendapatkan sinyal seluler, ditetapkan sebagai foto terbaik penghargaan World Press Photo tahun ini.

Dijelaskan, foto ini menunjukkan momen tatkala ribuan warga Afrika mencoba menyeberang ke Eropa atau Timur Tengah setiap tahunnya untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Namun ratusan orang justru tewas dalam upaya tersebut.

BACA JUGA: Menlu AS Diagendakan Tiba di Jakarta Malam Ini

Salah seorang juri di penghargaan World Press Photo, Susan Linfield, mengatakan kepada BBC, Jumat (14/2), foto ini memotret para migran sebagai manusia yang bermartabat, bukan sebagai orang-orang yang menyedihkan.

Hampir 100.000 foto diikutkan di lomba tahunan ini yang dibagi menjadi 18 kategori.

BACA JUGA: Ke Korsel untuk Mentahkan Niat Korut Jadi Negara Nuklir

Stanmeyer ketika itu tengah mengerjakan penugasan untuk National Geographic tatkala mengambil foto ini. Para migran mengangkat ponsel dengan harapan bisa menangkap sinyal dari negara tetangga Somalia yang memiliki tarif lebih murah.

Djibouti merupakan negara yang terletak di tanduk Afrika dan dikenal sebagai kawasan transit ke Eropa dan Timur Tengah. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Bebaskan Tahanan Bikin AS Berang

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanah Ambles, Delapan Mobil Langka Lenyap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler