FPD Akan Bujuk PDIP Agar Terima Perppu Pilkada

Jumat, 03 Oktober 2014 – 14:21 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Saan Mustopa menyatakan bahwa fraksinya di DPR akan memperjuangkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada yang dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa mendapat persetujuan DPR. Bahkan, PD berharap ada dukungan dari PDI Perjuangan bersama Koalisi Indonesia Hebat yang selama ini mendukung opsi pilkada secara langsung oleh rakyat.

"Fraksi Partai Demokrat tentu akan memperjuangkan sampai disetujui oleh DPR. Tentu pertama akan mengajak fraksi-fraksi yang memang sudah sama ingin pilkada langsung, ada empat fraksi (PDIP, PKB, Nasdem, Hanura, red),” kata Saan saat dihubungi, Jumat (3/10).

BACA JUGA: Wamenkum HAM Cek Kabar Malinda Dee tak Tidur di Sel

Saan menambahkan, fraksinya akan berusaha meyakinkan parta-partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) untuk menyetujui Perppu Pilkada. Terlebih, FPD sudah bekerjasama dengan KMP saat pemilihan pimpinan DPR kemarin.

"Fraksi kami punya peranan penting di KMP. Dan di samping fraksi, tentu juga anggota yang lain  membangun komunikasi untuk meyakinkan anggota KMP setuju pilkada langsung. Jangan sampai parlemen sekarang dianggap memutar sejarah demokrasi," ujar Saan.

BACA JUGA: PAN Akan Kaji Argumen SBY Soal Perppu

Bagaimana dengan munculnya kritik dan tudingan yang menyebut SBY melakukan pencitraan lewat Perppu Pilkada? Saan menepisnya. "Pak SBY tidak bermaksud melakukan cuci tangan, SBY semata-mata ingin menjaga kelangsungan demokrasi di Indonesia. Demokrasi akan terus dimatangkan, itu yang harus dipertahankan, dan Pak SBY punya komitmen itu," tandasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Tengahi KMP vs KIH, DPD Ingin Rebut Ketua MPR

BACA ARTIKEL LAINNYA... Denny Indrayana Beberkan Poin Penting dalam Perppu Pilkada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler