Gaji Dipotong 15%, PNS: Kalau Umur tak Sampai Pensiun?

Minggu, 11 Maret 2018 – 00:21 WIB
PNS. Ilustrasi Foto: Idham AMA/Fajar/dok.JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Rencana pemerintah mengubah skema pensiun PNS dari berbasis pay as you go menjadi fully funded diprotes sejumlah PNS.

Sebab, skema itu memangkas gaji lebih besar 15 persen. Dalam skema pay as you go yang berjalan sekarang ini, PNS hanya dibebani iuran bulanan sebesar 4,75 persen dari gajinya.

BACA JUGA: Skema Pensiun PNS, Belum Diputuskan Potong 15% Gaji Pokok

Sejumlah PNS menolak, meskipun dana pemotongan gaji itu bakal kembali lagi ke PNS dalam bentuk uang pensiun.

PNS Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Rehaldi, contohnya. Ia meminta pemerintah memikirkan ulang rencana tersebut.

BACA JUGA: Jika Gaji PNS Dipotong Lebih 15%, Etty Juga Rela

“Kalau pegawainya tak punya pinjaman di bank mungkin tak menolak, tapi yang punya utang di bank pasti keberatan,” ujarnya kepada Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group).

Karena jika skema itu berlaku, akan lebih banyak gaji PNS dipotong, sementara gaji juga tidak naik dalam tiga tahun belakangan.

BACA JUGA: Beragam Respons PNS soal Rencana Perubahan Skema Pensiun

“PNS pasti akan kesulitan memenuhi kebutuhannya jika gajinya tinggal sedikit, setelah dipotong utang bank dan iuran bulanan,” sesalnya.

PNS Pemkab Banyuasin, Andi juga senada. “Pemerintah seyogianya memikirkan ulang rencana tersebut. Karena gajinya sebagai ASN itu tak begitu besar.

Apalagi di Banyuasin, tidak ada tunjangan kinerja, dan lain sebagainya,” kata dia. Untuk itu, dia berharap ada solusi lain untuk uang pensiun PNS ini, jangan justru nanti PNS kesulitan karena gajinya makin kecil.

Salah satu PNS BKD Ogan Ilir yang tak mau disebut namanya ikut menolak pemotongan gaji 15 persen. Meskipun itu untuk dana pensiun PNS sendiri.

“Ya kalau sampai pensiun. Kalau umur tidak sampai, apa hangus atau tidak uang itu kan tidak jelas,” bebernya.

Selain itu, gaji PNS ini banyak sudah dipotong utang bank. Kalau gaji makin kecil, PNS akan kesulitan biayai hidupnya. (sumeks/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji PNS Tua Sudah Banyak Potongan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler