Gali Info dari Ballack

Minggu, 27 Juni 2010 – 11:11 WIB
MASUKAN - Joachim Loew ketika mengamati penampilan tim Jerman di laga melawan Ghana, 23 Juni lalu. Kini, menghadapi Inggris, ia butuh banyak masukan dari Michael Ballack. Foto: Shaun Botteriil/Getty Images/FIFA.com.
BLOEMFONTEIN - Michael Ballack memang tidak masuk timnas Jerman akibat cedera engkel yang didapatnya saat membela Chelsea di final Piala FA Mei laluNamun, dia bukannya tak berguna sama sekali buat Die Mannschaft, sebutan Jerman

BACA JUGA: Higuain Bisa Sehebat Crespo-Batistuta

Pelatih Joachim Loew menggunakan jasa Ballack untuk menggali informasi tentang calon lawan mereka di 16 Besar, Inggris.

Ini bukan tugas sulit buat Ballack
Meningat, dia menghabiskan empat musim terakhirnya bersama Chelsea

BACA JUGA: Inggris Siap Adu Penalti

Selain tahu banyak soal penggawa timnas Inggris yang berasal dari Chelsea, dia juga paham betul mengenai gaya serta karakter sepak bola Inggris secara keseluruhan
Ballack sudah beberapa kali menemui Loew di Afsel untuk "melaporkan" hasil dia memata-matai kubu Three Lions.

"Sebelumnya, saya sudah sering ngobrol dengan Michael (Ballack) soal Inggris

BACA JUGA: Veron Bikin Messi Tersenyum

Tapi untuk kali ini, ada hal-hal khusus yang saya ingin ketahuiSo, kalau dia tidak ke sini, saya meneleponnya," ungkap Loew, seperti dikutip Reuters.

"Yang biasa saya tanyakan adalah soal individu secara spesifikMisalnya soal (Frank) LampardSaya ingin tahu bagaimana relasi dia dengan keluarga, bagaimana reputasi dia di Premier League, dan sebagainyaDan Ballack memberikan informasi sebagai orang dalam (Chelsea, Red)," papar pelatih 50 tahun itu.

Menurut Loew, detil informasi yang tidak berkaitan dengan kualitas pemain secara teknis sangat pentingDengan begitu, dia bisa mengetahui karakter tiap pemainJika kekuatan orang per orang sudah diketahui, Loew bisa memetakan sektor Inggris mana saja yang rentan diserang.

"Paling tidak, lebih aman kalau kami menghadapi pertandingan dengan informasi dan data yang mutakhirKami tahu banyak hal mengenai Lampard dan semua koleganyaKami juga nonton sepak bola Inggris dari televisi Jerman," papar dia.

Loew beruntung, karena dia memiliki sejumlah pemain yang bermain di InggrisSebaliknya, Inggris sama sekali tidak punya kesempatan memata-matai sepak bola Jerman lantaran minimnya jumlah pemain asal negeri Ratu Elizabeth yang merumput di Bundesliga.

Namun, mengetahui hampir segala hal soal sepak bola Inggris tidak membuat kubu Die Mannschaft lebih tenangSebaliknya, mereka tetap menderita ketegangan lantaran reputasi Three Lions yang sangat bagus.

"Tentu tensi ketegangan di antara kami sangat tinggiDan bukan hanya kami yang panik, Inggris pasti juga menderita hal yang samaTapi itu normal dan sehatJustru aneh kalau kami tidak khawatir sama sekali," tandas Loew(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meksiko v Argentina: Ulang Memori 2006


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler